Kendala proses pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19: Studi pada pendidikan anak keluarga buruh di desa Sayang Kecamatan Jatinangor kabupaten Sumedang

Walis, Dinda (2022) Kendala proses pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19: Studi pada pendidikan anak keluarga buruh di desa Sayang Kecamatan Jatinangor kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemi Covid yang mengubah kebijakan sistem pendidikan dan sistem ekonomi. Perubahan tersebut terjadi hampir di seluruh Indonesia khususnya di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang yang menerapkan sistem pembelajaran daring dan sistem WFH (Work From Home). Adanya pembelajaran daring menimbulkan kendala baik itu bagi siswa maupun bagi orang tua khususnya yang berprofesi sebagai buruh.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kendala pembelajaran jarak jauh dan cara menanggulangi kendala pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 yang terjadi pada pendidikan anak keluarga buruh di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Peneliti menggunakan Teori Struktural Fungsional untuk menganalisis kendala pembelajaran jarak jauh menggunakan skema AGIL.Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data primer dalam penelitian ini didapatkan melalui observasi dan wawancara dengan orang tua siswa dan siswa. Data Sekunder pada penelitian ini didapatkan dari beberapa buku-buku ilmiah, website, jurnal dan sumber-sumber lain yang mendukung dan relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara menggunakan Teknik Purposive Sampling, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pemilihan data sesuai kebutuhan penelitian, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian berada di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.Hasil penelitian Kendala pembelajaran jarak jauh yang terjadi pada keluarga buruh yaitu keterbatasan pembelian kouta, keterbatasan pembelian HP bermemori besar, pemberian tugas yang terlalu banyak serta orang tua dan murid yang kurang menguasai teknologi sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman anak terhadap materi-materi yang diberikan secara online. Cara menanggulangi kendala pembelajaran jarak jauh yaitu dengan adanya sifat tolong menolong antar sesamaorang tua dan murid. Penanggulangan pada keterbatasan pembelian kouta dan HP dilakukan dengan cara meminjam kepada kerabat atau tetangga. Penanggulangan pemberian tugas yang banyak dilakukan dengan cara kerja kelompok dan penanggulangan kurangnya penguasaan teknologi serta kurangnya pemahaman anak terhadap materi yaitu dengan cara belajar kepada orang yang berpendidikan dan berwawasan luas terhadap teknologi dan mengajarkan ilmu yang sudah dipelajari kepada anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kendala;Pembelajaran Jarak Jauh; pendidikan buruh;
Subjects: Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Dinda Walis
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:42
Last Modified: 03 Oct 2022 04:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58523

Actions (login required)

View Item View Item