Fauziyah, Lisna Nurul (2022) Terapi muhasabah dalam peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI MA Darul Hikam Al-Islami Banjaran Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (682kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (153kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
Abstract
Belajar adalah tindakan interaksi dan merupakan komponen yang amat mendasar pada setiap jenis dan tingkat pengajaran. Artinya bahwa keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran sangat bergantung kepada sistem pembelajaran yang dijumpai siswa ketika mereka ada di lingkungan sekolah maupun di lingkungan luar sekolah seperti ketika berada di rumah atau keluarga mereka sendiri. Namun, sebenarnya tidak sedikit rintangan yang mempengaruhi proses belajar siswa di sekolah, baik dari faktor luar maupun dari dalam siswa itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa kelas XI MA Darul Hikam Al-Islami Banjaran Bandung, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terapi muhasabah dalam peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI MA Darul Hikam Al-Islami Banjaran Bandung. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan statistic inferensial untuk mengetahui pengaruh mengenai terapi muhasabah dalam peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI MA Darul Hikam Al-Islami Banjaran Bandung dengan menggunakan Teknik analisis data dengan beberapa pengujian statistik, diantaranya uji regresi, uji hipotesis, dan uji determinasi. Terapi muhasabah menurut Imam Al-Ghazali merupakan upaya I’tisham dan istiqomah. I’tisham merupakan pemeliharaan diri dengan berpegang teguh pada aturan-aturan syariat. Sedangkan istiqomah adalah keteguhan diri dalam menangkal berbagai kecenderungan negative. Sedangkan motivasi belajar merupakan suatu dorongan yang melatarbelakangi setiap orang dalam menjalani proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 9 siwa dengan presentase 20,45% yang memiliki motivasi belajar yang rendah, 11 orang dengan presentase 25% siswa yang memiliki motivasi belajar yang sedang dan 24 siswa dengan presentase 54,54% yang memiliki motivasi belajar tinggi. Melalui uji koefisien korelasi rank spearman diketahui terdapat korelasi antara terapi muhasabah dengan motivasi belajar sebesar 0,699 atau sebesar 6,99% dimana hubungan ini bersifat positif dan memiliki tingkat hubungan yang kuat dan searah, hal ini dapat dikatakan bahwa jika dilakukan terapi muhasabah pada peningkatan motivasi belajar siswa maka akan adanya perubahan peningkatan motivasi belajar pada siswa. Hasil hipotesis pada penelitian ini diterima, artinya terdapat hubungan terapi muhasabah pada peningkatan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Terapi Muhasabah; Motivasi Belajar; Siswa Kelas XI |
Subjects: | Psychology Islam > Sufi Orders |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Lisna Nurul Fauziyah |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 06:09 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 06:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58623 |
Actions (login required)
View Item |