Pengaruh Return On Assets (ROA) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap harga saham: Studi pada perusahaan sub sektor infrastruktur dan telekomunikasi yang terdaftar di BEI periode Tahun 2017-2021

Gustiawan, Hamdani (2022) Pengaruh Return On Assets (ROA) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap harga saham: Studi pada perusahaan sub sektor infrastruktur dan telekomunikasi yang terdaftar di BEI periode Tahun 2017-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy

Abstract

Harga saham di pasar modal diatur oleh dinamika permintaan (demand) dan penawaran (supply). Ketika demand akan saham meningkat, harga saham perusahaan tersebut juga cenderung mengalami peningkatan. Sebaliknya ketika orang lain banyak yang mulai menjual sahamnya, akan diikuti penurunan harga saham. Pada perusahaan subsektor infrastruktur dan telekomunikasi terlihat pada nilai harga saham terjadi fluktuasi pada periode tahun 2017-2020. Ada kecendrungan yang tidak stabil sehingga para investor harus melihat rasio invetasi lain sebelum melakukan transaksi pembelian saham. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui seberapa besar pengaruh secara parsial dan simultan pada variable Return on Assets dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sub Sektor Infrastruktur dan Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017-2021. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini yaitu deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Perusahaan Sub Sektor Infrastruktur dan Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017-2021. Pemilihan sample menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 9 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari data laporan keuangan perusahaan tahunan. Serta untuk Teknik analisis datanya menggunakan Regresi Data Panel dengan model yang terpilih adalah Random Effect Model, Uji t (parsial), Uji f (simultan), dan Uji Koefisien Determinasi (R2) dengan menggunakan software E-views 12. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial Return on Assets berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham, berdasarkan uji statistika Thitung lebih besar dari Ttabel yaitu (2.209852>1.6821), juga berdasarkan nilai probabilitas sebesar 0.0346 atau lebih kecil dari alpha 5%. Secara parsial Net Profit Margin terbukti tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Harga Saham. Hal ini berdasarkan nilai Thitung lebih kecil dari Ttabel yaitu (1.550423<1.6821), juga berdasarkan nilai probabilitasnya sebesar 0.1285 atau lebih besar dari alpha 5%. Lalu, secara simultan Return on Assets dan Net Profit Margin terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Hal ini berdasarkan nilai Fhitung lebih kecil dari Ftabel yaitu (2.815151<3.22), juga nilai probabilitas F dalam penelitian ini sebesar 0.0712340 atau lebih besar dari alpha 5%. Sedangkan nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini yaitu 0.118 atau 12% Artinya, Return On Assets dan Net Profit Margin mempengaruhi Harga Saham sebesar 12%. Sedangkan sisanya sebesar 88% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel-variabel yang ada pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Keuangan; Harga Saham;Return On Assets
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Hamdani Gustiawan
Date Deposited: 30 Sep 2022 08:24
Last Modified: 30 Sep 2022 08:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58709

Actions (login required)

View Item View Item