Penerapan lembar kerja berbasis Search, Solve, Create, and Share (SSCS) pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit: Penelitian pre-eksperimental di kelas X MIPA 2 SMAN 1 Cisaat

Wahyuni, Sri (2022) Penerapan lembar kerja berbasis Search, Solve, Create, and Share (SSCS) pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit: Penelitian pre-eksperimental di kelas X MIPA 2 SMAN 1 Cisaat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja dan kemampuan kognitif siswa dalam penerapan lembar kerja berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan tipe one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Cisaat dengan jumlah 33 orang. Data hasil kinerja didapatkan berdasarkan observasi pada proses pembelajaran dan hasil kognitif siswa berdasarkan nilai pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kinerja siswa pada semua tahapan pembelajaran yaitu 92 dengan kategori sangat baik. Kemampuan kognitif siswa setelah penerapan LK berbasis SSCS mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0,47 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Kelompok prestasi tinggi, sedang, dan rendah berturut-turut memperoleh nilai N-Gain 0,42; 0,48; dan 0,52. Dengan demikian penerapan LK berbasis SSCS pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dapat meningkatkan kinerja dan kemampuan kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kinerja;Kognitif;LK berbasis SSCS;Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
Subjects: Chemistry and Allied Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sri Wahyuni
Date Deposited: 01 Oct 2022 07:39
Last Modified: 01 Oct 2022 07:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58737

Actions (login required)

View Item View Item