Pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return On Equity pada PT. Modernland Realty Tbk. (Periode tahun 2011-2021).

Asmara, Risal Aprilly (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return On Equity pada PT. Modernland Realty Tbk. (Periode tahun 2011-2021). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh besarnya tingkat profitabilitas yang mana menjadi daya tarik untuk para investor melakukan penanaman modalnya pada perusahaan PT. Modernland Realty Tbk. Yang dapat dilihat pada Return on Equity (ROE). Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) adalah rasio yang biasa digunakan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam melunasi kewajibannya yang berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui: 1) Seberapa besar pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE); 2) Seberapa besar pengaruh Net Profit Margin (NPM) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE); 3) Seberapa besar pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) secara simultan terhadap Return On Equity (ROE); pada PT. Modernland Realty Tbk. Periode 2011-2021. Kerangka pemikiran penelitian didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Current Ratio (CR) berpengaruh negatif terhadap Return On Equity (ROE) artinya Current Ratio (CR) yang tinggi akan menghasilkan return yang lebih rendah dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh positif terhadap Return On Equity (ROE) artinya Net Profit Margin (NPM) mempunyai efek pada suatu keadaan tertentu dapat menaikan rentabilitas modal sendiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Modernland Realty Tbk. Periode 2011-2021 yang dipublikasi melalui website www.modernland.co.id. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi) analisis uji asosiatif (analisis regresi linier, analisis korelasi, analisis koefisiensi determinasi) analisis uji hipotesis (uji signifikasi parsial (uji T), uji signifikansi simultan (uji F). Hasil penelitian ini. menunjukan secara parsial Current Ratio (CR) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Return On Equity (ROE) yang dibuktikan dengan besar koefisien determinasi sebesar 33,1%. Secara parsial Net Profit Margin (NPM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return on Equity (ROE) di buktikan dengan besar pengaruh koefisien determinasi sebesar 76,4%. Secara simultan Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Equity (ROE) yang di buktikan dengan besar pengaruh koefisien determinasi sebesar 80,0%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Net Profit Margin (NPM); Return On Equity (ROE)
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Risal Aprilly Asmara
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:01
Last Modified: 03 Oct 2022 04:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58775

Actions (login required)

View Item View Item