Peran perempuan dalam meningkatkan kemandirian ekonomi keluarga : Studi di Pabrik Genteng Sejahtera Desa Burujul Kulon Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka

A'laa, Suci Fauziyatul (2022) Peran perempuan dalam meningkatkan kemandirian ekonomi keluarga : Studi di Pabrik Genteng Sejahtera Desa Burujul Kulon Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (693kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya perempuan Desa Burujul Kulon yang bekerja di Pabrik Genteng. Meskipun bekerja di pabrik genteng bukan pekerjaan yang ringan bagi perempuan, namun di Desa Burujul Kulon perempuan bekerja di pabrik genteng Sejahtera tersebut untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana poisisi perempuan sebagai pencari nafkah di Pabrik Genteng Sejahtera, bagaimana prilaku perempuan sebagai pencari nafkah di Pabrik Genteng Sejahtera dan bagaimana keberhasilan perempuan sebagai pencari nafkah di Pabrik Genteng Sejahtera. Teori yang digunakan terkait judul adalah teori peran menurut Hubeis. Menurut Hubeis bahwa analisis alternatif pembagian peran perempuan dapat dilihat dari perspektif dalam kaitannya dengan posisinya sebagai manager rumah tangga, partsipasi pembangunan dan pekerjaan pencari nafkah, jika dilihat dari rumah tangga, maka dapat digolongkan menjadi peran produktif, peran reproduksi, peran tradisional, peran transisi, dan peran sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer berupa data yang didapat langsung oleh penulis dari hasil wawancara dengan informan dalam penelitian ini, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen yang dibutuhkan guna melengkapi data dalam penelitian. Subjek didalam penelitian ini adalah karyawan perempuan yang bekerja di pabrik genteng, pemilik pebrik genteng, dan dokumen dari kelurahan Desa Burujul Kulon. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, dengan posisi perempuan bekerja di pabrik genteng Sejahtera terdapat beberapa macam pekerjaan, yaitu bagian ngeureut (memotong), ngelus (merapikan), neundeun (menyimpan), dan bagian penjemuran. Prilaku perempuan sebagai pencari nafkah menunjukkan bahwa walaupun bekerja di luar rumah para perempuan tidak lupa akan tugasnya dalam rumah tangga. Walaupun perempuan bekerja di pabrik genteng akan tetapi mereka juga tetap dituntut tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga. Mereka tetap melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci, memasak, melayani suami, dan mengurus anak. Keberhasilan perempuan sebagai pencari nafkah, dengan penghasilan yang mereka peroleh dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga seperti biaya pendidikan anak, mencukupi kebutuhan dapur dan untuk bermasyarakat. Dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan, membeli baju, membeli perabotan rumah sedikit-sedikit merenovasi rumah mereka. Di samping itu juga ada beberapa dari para perempuan yang memiliki tabungan untuk pendidikan anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Peran Perempuan; Kemandirian Ekonomi Keluarga
Subjects: Islam > Islam and Economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Suci Fauziyatul A'laa
Date Deposited: 07 Oct 2022 00:57
Last Modified: 07 Oct 2022 00:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58839

Actions (login required)

View Item View Item