Noerfatimah, Feby (2022) Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Socio-Scientific Inquiry Based Learning (SSIBL) pada materi perubahan lingkungan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (448kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan abad 21 adalah keterampilan belajar dan inovasi yang berfokus pada 4C (collaboration, creative thinking, communication, critical thinking and problem solving, and innovation). Pentingnya bahan ajar Biologi yang memasukkan unsur pendekatan Socio-Scientific Inquiry Based Learning dapat memunculkan keterampilan pemecahan masalah serta moral dalam menuntaskan setiap peristiwa yang berlangsung dalam kehidupan nyata melalui penggunaan LKPD berbasis Socio-Scientific Inquiry Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh LKPD berbasis Socio-Scientific Inquiry Based Learning pada materi perubahan lingkungan di kelas X. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan Control group pre-test post-test. Teknik perolehan data disebarkan melalui instrument dari test, lembar observasi, dan angket. Hasil analisis data dari penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel ikat dan variabel bebas saling berpengaruh nyata (Signifikan) pada data akhir hasil Uji-t tersebut H0 ditolak dan H1 diterima yaitu thitung (1.25) > ttabel (1.20). Berdasarkan hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa presentase rata-rata respon siswa secara menyeluruh terhadap Pendekatan Socio-Scientific Inquiry Based Learning sebesar 63.30% termasuk dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap Pendekatan LKPD berbasis Socio-Scientific Inquiry Based Learning pada materi perubahan lingkungan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Pemecahan Masalah; LKPD berbasis Socio-Scientific Inquiry Based Learning; Perubahan Lingkungan |
Subjects: | Education Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Feby Noerfatimah |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 02:44 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 02:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58869 |
Actions (login required)
View Item |