Penggunaan sosial media sebagai media tabligh: Studi deskriptif pada akun Instagram @Taqwasquad

Rahman, Abdul (2022) Penggunaan sosial media sebagai media tabligh: Studi deskriptif pada akun Instagram @Taqwasquad. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Tabligh merupakan sebuah aktivitas menyampaikan syiar atau ajaran islam kepada orang lain. Di jaman modern ini untuk menyampaikan syiar-syiar islam sangat beragam dengan menggunakan berbagai media serta memakai metode yang kreatif, ringan, dan inovatif. Salah satunya adalah penyampain syiar islam dalam menggunakan media digital. Akan tetapi, dalam upaya tersebut memerlukan sebuah pengetahuan mengenai apa yang disampaikan, serta memahami pula bagaimana proses dari pembuatan konten tabligh. Sehingga dalam upaya penyampain syiar islam melalui media digital menjadi diperlukan dalam tercapainya tujuan dari tabligh. Masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah perkembangan media digital yang semakin canggih dan terus berkembang mampu mendorong terpengaruhinya aspek dari berkembangan islam yaitu tabligh. Hal tersebut diangkat pada penelitian ini, bagaimana penggunaan sosial media sebagai media tabligh pada akun @taqwasquad. Penelitian ini juga memiliki tujuan dalam upaya mendorong kalangan muda untuk menyiarkan agama islam itu sendiri secara kreatif dan inovatif melalui sosial media Instagram dan penelitian ini juga menggunakan analisis data versi Miles dan Hubermen yang meberikan data melalu 3 alur data yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, verifikasi data. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan melakukan peneiltian ini dapat menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata dari lisan atau tertulis dengan objek yang diamati. Sedangkan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan datanya yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini tentang media tabligh pada akun instagram @taqwasquad dapat disimpulkan bahwasanya, @taqwasquad memberikan solusi alternatif pada pengguna untuk menyapaikan kebaikan, konten yang diberikan oleh @taqwasquad mengenai taqwa, aqidah, dan kemanusian. @taqwasquad juga memberikan sebuah inspirasi bagi khalayak kaum muda, bahwa setiap orang bisa menjadi mubaligh yaitu seseorang yang mampu menyampaikan nilai-nilai kepada sesama melalui media sosial yaitu instagram yang merupakan media yang efektif untuk menyampaikan nilai islam pada semua kalangan khususnya kalangan muda. Adapun keunggulan dari instagram yaitu fitur yang medukung mudahnya menyebarkan nilai islam melalu unggah video atau foto (feed).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tabligh; Media sosial; taqwasquad
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Abdul Rahman
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:28
Last Modified: 03 Oct 2022 03:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58871

Actions (login required)

View Item View Item