Pesan dakwah dalam konten Pemuda Tersesat season 2 : Analisis isi dalam kanal youtube Majelis Lucu Indonesia

Zamzam, Moch Nur (2022) Pesan dakwah dalam konten Pemuda Tersesat season 2 : Analisis isi dalam kanal youtube Majelis Lucu Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Media sosial sebagai salah satu media di era digital telah memegang peranan penting untuk masyarakat modern sekarang, berbagai kegiatan masyarakat kini dapat ditunjang oleh kehadiran media sosial, begitu pula dengan kegiatan dakwah yang disampaikan oleh da‟i kepada mad‟u-nya. Kini dakwah dapat dilakukan dengan memanfaatkan kehadiran media sosial, seorang da‟i dapat berdakwah melalui media sosial youtube, instagram, tiktok dan lain sebagainya. Hal ini juga yang dilakukan oleh Habib Ja‟far, Tretan Muslim dan rekan-rekannya yang lain dalam konten Pemuda Tersesat Season 2 yang tayang pada kanal youtube Majelis Lucu Indonesia, mereka memanfaatkan youtube untuk kegiatan dakwahnya. Konten Pemuda Tersesat Season 2 ini menyajikan dakwah yang disampaikan dengan metode tanya-jawab antara penanya dari follower/netizen yang dijawab oleh Habib Ja‟far selaku narasumber dalam konten ini, hal menarik yang ada dalam konten ini ialah penyajian dakwahnya yang dikemas dengan humor atau komedi yang timbul dari para pengisi konten ataupun para penanya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kategorisasi pesan dakwahnya baik berdasarkan substansi maupun bentuk serta untuk mengetahui pengemasan pesan dakwah yang tersaji dalam konten Pemuda Tersesat Season 2. Secara garis besar penelitian ini menggunakan teori pesan dakwah dengan pendekatan kualitatif serta paradigma yang digunakan yakni interpretatif. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode analisis isi guna menganalisis pesan dakwah yang didapatkan berdasarkan sumber data primer yakni 9 video yang terdapat dalam konten Pemuda Tersesat Season 2 serta sumber data sekunder yang didapatkan dari kajian literatur seperti buku, jurnal ilmiah dan portal internet. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan kepustakaan. Kesimpulan dari penelitian ini berupa hasil kategorisasi pesan dakwah berdasarkan substansi yang berjumlah 24 pesan dengan rincian 7 pesan dakwah akidah yang terdiri dari pembahasan keimanan terhadap Allah, takdir, dan kehidupan setelah mati, 7 pesan dakwah syariat yang terdiri dari pembahasan hukum tato, hukum menikahi saudara, tayamum serta ibadah haji dan 10 pesan dakwah akhlak yang meliputi pembahasan akhlak terhadap sesama manusia, sikap memuji Rasul Saw, akhlak terhadap binatang dan sikap tawadhu. Lalu kategorisasi pesan dakwah berdasarkan bentuk yang berjumlah 20 pesan dengan rincian 8 pesan dakwah informatif yang meliputi pesan dakwah dengan tujuan memberi informasi seperti dalam pembahasan “Larangan Mengikuti Ibadah dari Agama Lain”, 9 pesan dakwah edukatif yang meliputi pesan dengan tujuan untuk memberi pelajaran seperti dalam pembahasan “Sikap Tawadhu dalam Menjawab Suatu Hukum” dan 3 pesan dakwah rekreatif yang meliputi pesan dengan tujuan untuk menghibur atau rekreatif seperti halnya dalam pembahasan “Anjuran Mengidolakan Seorang Figur Secara Sewajarnya”. Kemudian dalam penelitian ini juga didapat hasil pengemasan pesan dakwah yang meliputi karaktersasi pengisi konten, pemilihan tema dalam konten, konsep komedi atau humor dalam konten, aspek audio dalam konten dan aspek visual dalam konten.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Kategorisasi Pesan; Pengemasan Pesan; Youtube;
Subjects: Islam > Sermons and Preaching
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Moch Nur Zamzam
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:59
Last Modified: 03 Oct 2022 02:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58873

Actions (login required)

View Item View Item