Keefektifan metode Asy-syafi'i dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran: Penelitian quasi eksperimen pada siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Mufassir Bandung

Safitri, Munira (2022) Keefektifan metode Asy-syafi'i dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran: Penelitian quasi eksperimen pada siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Mufassir Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (774kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Madrasah Tsanawiyah Al-Mufassir yang mengupayakan para siswa siswinya agar dapat membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid yaitu dengan mengadakan kegiatan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan berbagai macam metode. Karena pada kondisi saat ini masih banyak siswa yang belum fasih bahkan belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Untuk itu peneliti ingin mencoba meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa MTs Al-Mufassir dengan menggunakan metode Asy-Syafi’i. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Al-Mufassir sebelum diterapkan metode Asy-Syafi’i. 2) Untuk mengetahui proses penerapan metode Asy-Syafi’i dalam pembelajaran Al-Qur’an di MTs Al-Mufassir. 3) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Al-Mufassir dari hasil diterapkan metode Asy-Syafi’i. Secara teoritis, metode pembelajaran dapat memberikan keefektifan dalam pembelajaran. Metode Asy-Syafi’i diasumsikan dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Dengan kelebihan metode Asy-Syafi’i yang menggunakan pendekatan praktik bukan hanya teori saja yang akan membuat peserta didik bosan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara , tes dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan pendekatan statistik yaitu uji N-Gain, uji t hipotesis dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Hasil kemampuan membaca Al-Qur’an sebelum diterapkan metode Asy-Syafi’i diperoleh skor kelas kontrol dengan rata-rata 69,6 dan skor rata-rata kelas eksperimen 69,23. 2) Proses pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Asy-Syafi’i dimulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti atau kegiatan pelaksanaan, kegiatan penutup, dan evaluasi serta refleksi. Adapun untuk proses kegiatan belajar mengajarnya berjalan dengan baik. Walaupun demikian, diharapkan guru dapat lebih memilih kembali metode yang lebih tepat dan efektif dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an sehingga suasana pembelajaran menjadi lebih menarik3) Kemampuan membaca Al-Qur’an setelah diterapkan metode Asy-Syafi’i diperoleh skor kelas kontrol dengan rata-rata 78,60 dan skor rata-rata kelas eksperimen 84,52. Diperoleh hasil N-Gain dengan rata-rata 0,49 yang termasuk dalam kategori sedang karena pada rentang N-Gain 0,30 < N-Gain <0,70.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Asy-Syafi’i; Al-Qur’an
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizqa Nurfadillah
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:09
Last Modified: 03 Oct 2022 02:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58874

Actions (login required)

View Item View Item