Ramadiani, Syifa (2022) Pengembangan media Google Sites with Pomodoro (GOSIP) untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi momentum dan impuls. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kelayakan media Google Sites with Pomodoro (GOSIP), (2) menganalisis keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media Google Sites with Pomodoro (GOSIP), (3) menganalisis penguasaan konsep peserta didik sebelum dan setelah pembelajaran dengan media Google Sites with Pomodoro (GOSIP), dan (4) menganalisis respon peserta didik terhadap media Google Sites with Pomodoro (GOSIP). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tahap implementasi menggunakan desain one group pretest-posttest design dengan sampel penelitian merupakan peserta didik kelas X MIPA 1 yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi media, lembar observasi, tes penguasaan konsep, dan angket respon peserta didik. Kelayakan media pembelajaran dianalisis menggunakan indeks validitas Gregory, perbedaan penguasaan konsep peserta didik dianalisis dengan menghitung skor N-gain, dan keterlaksanaan pembelajaran dan respon peserta didik terhadap media dianalisis dengan interpretasi dari persentase. Hasil penelitian yang didapat antara lain, (1) media Google Sites with Pomodoro (GOSIP) sangat layak digunakan dengan indeks validitas Gregory sebesar 0,972; (2) keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase 93% dengan interpretasi sangat baik; (3) terdapat peningkatan penguasaan konsep sebelum dan setelah menggunakan media Google Sites with Pomodoro (GOSIP) dengan skor N-gain rata-rata sebesar 0,51 dan termasuk dalam kategori sedang; dan (4) peserta didik memberikan respon positif terhadap media Google Sites with Pomodoro (GOSIP) dengan persentase 79% dan diinterpretasikan baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Google Sites with Pomodoro (GOSIP); media pembelajaran; momentum dan impuls; penguasaan konsep. |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Syifa Ramadiani |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 07:07 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 07:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58968 |
Actions (login required)
View Item |