Manajemen strategi pengumpulan dana Zakat dalam menarik minat Muzakki di Inisiatif Zakat Indonesia Jawa Barat : Studi deskriptif di Inisiatif Zakat Indonesia Jawa Barat Jl Cikutra No 95 Bandung

Wahdini, Dini (2019) Manajemen strategi pengumpulan dana Zakat dalam menarik minat Muzakki di Inisiatif Zakat Indonesia Jawa Barat : Studi deskriptif di Inisiatif Zakat Indonesia Jawa Barat Jl Cikutra No 95 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy

Abstract

Zakat yang memiliki interkoneksi sosial, pada dasarnya memiliki potensi untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi umat. Upaya-upaya yang memungkinkan untuk mewujudkan hal tersebut, apabila basis teoritis sosial keagamaan tentang zakat, dipadukan dengan struktur kelembagaan dan manajemen operasional yang tepat guna. Indonesia merupakan penduduk Muslim terbesar di dunia. Dapat dipastikan dengan jumlah penduduk Muslim terbesar, Indonesia juga memiliki potensi zakat yang besar. Berdasarkan penelitian BAZNAS, Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Islamic Development Bank (IDB), potensi zakat nasional mencapai ratusan triliun. Angka tersebut harusnya dapat berdampak luar biasa dalam upaya pengentasan kemiskinan di Indonesia. Namun demikian laporan BAZNAS mengungkapkan bahwa dari potensi zakat tersebut yang bisa terserap dan dikelola oleh lembaga Baznas baru mencapai ratusan milyar saja untuk tahun 2007, pada tahun 2013 meningkat mencapai triliunan atau hanya sedikit saja. Keadaan demikian disebabkan karena masih sebagian kecil umat Muslim yang membayar zakat. Maka dari itu perlu adanya strategi dalam mengumpulkan dana zakat supaya potensi yang ada bisa terhimpun semua. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui perencanaan, langkah-langkah, dan hasil strategi pengumpulan dana zakat dalam menarik minat muzakki di Inisiatif Zakat Indonesia Jawa Barat. Manajemen strategik adalah suatu seni dan ilmu dari pembuatan (formulating), penerapan (implementating) dan evaluasi (evaluating) keputusan-keputusan strategis antara fungsi-fungsi yang memungkinkan sebuah organisasi mencapai tujuan-tujuan masa datang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kulaitatif menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan strategi menggunakan dua cara, yaitu (1) Online, (2) Offline. Langkah strategi pengumpulan dana zakat untuk menarik minat muzakki dilakukan dengan cara, yaitu (1) Mengeluarkan Bukti Stor Zakat (BSZ), (2) Mengedukasi muzakki dengan Game Zakat, (3) Menginformasikan laporan triwulan, semester, dan tahunan, (4) Membuat buku karangan dewan syari’ah, (5) Mengadakan pelatihan dan seminar tentang manajemen zakat. Sedangkan hasil dari strategi dilakukan melalui dua segi, yakni (1) Retail (perorangan) dan (2) Mitra IZI atau MIZI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pengumpulan Dana Zakat; Minat
Subjects: General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: dini wahdini
Date Deposited: 04 Oct 2022 01:27
Last Modified: 04 Oct 2022 01:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59003

Actions (login required)

View Item View Item