Pemanfaatan limbah organik melalui budidaya larva Black Soldier Fly dalam mewujudkan desa ramah lingkungan: Penelitian di Kampung Pakarden Desa Kertayasa Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan

Ferdiansyah, Fadzlan (2022) Pemanfaatan limbah organik melalui budidaya larva Black Soldier Fly dalam mewujudkan desa ramah lingkungan: Penelitian di Kampung Pakarden Desa Kertayasa Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy

Abstract

Problematika lingkungan merupakan masalah yang tidak akan ada habisnya di kehidupan kita. Paradigma manusia tentang sampah hanyalah sebuah benda atau bahan yang tidak berguna dan tidak bernilai kemudian pantas untuk di buang. Sampah organik merupakan jenis limbah yang berasal dari sisa makanan, sayuran maupun makhluk hidup secara alami dapat mudah terurai. Limbah atau sampah organik dapat dimanfaatkan melalui teknologi tepat guna hewani yakni Black Soldier Fly atau yang sering dikenal dengan maggot. Black Soldier Fly atau tentara lalat hitam merupakan lalat tropis yang dapat mencerna zat organik. Selain itu BSF dapat menjadi sejenis belatung yang mampu mengurai sampah organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aset dengan proses pemanfaatan limbah organik, menguraikan proses budidaya larva Black Soldier Fly (BSF), dan menemukan hasil pemanfaatan limbah organik melalui buidaya larva Black Soldier Fly (BSF) dalam mewujudkan desa ramah lingkungan. Dalam proses pemanfaatan limbah organik menggunakan teori Davis (1989:320) pemanfaatan merupakan seseorang meyakini dengan adanya sistem tertentu akan meningkatkan kualitas suatu pekerjaan. Penelitian ini berjenis kualitatif menggunakan metode Asset-Based Community Development (ABCD) dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa Kertayasa, pengelola sampah dan peternak maggot BSF. Penentuan keabsahan menggunakan triagulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemanfaatan limbah organik melalui budidaya BSF meliputi beberapa tahapan, pertama pemilahan sampah dari rumah kemudian limbah organik dapat dimanfaatkan melalui budidaya BSF sebagai pakannya. Kedua, proses budidaya BSF mampu mengurangi sampah organik sehingga dapat menciptkan lingkungan yang terjaga. Ketiga, pemanfaatan limbah organik melalui budidaya BSF menghasilkan beberapa produk seperti, maggot sebagai alternatif pakan ternak atau perikana, pupuk organik, dan pemasaran produk BSF itu sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan; Limbah Organik; Budidaya BSF
Subjects: Islam > Islam and Social Sciences
Ecology > Agricultural Ecology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fadzlan Ferdiansyah
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:10
Last Modified: 05 Jan 2023 08:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59027

Actions (login required)

View Item View Item