Analisis penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 terkait akuntansi Zakat dan Infak/Sedekah pada Bale Zakat dan Sodaqoh Kota Bandung

Hidayatuloh, Haikal Yusuf (2022) Analisis penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 terkait akuntansi Zakat dan Infak/Sedekah pada Bale Zakat dan Sodaqoh Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan instrumen ekonomi islam dalam hal zakat dan infak/sedekah, dimana dalam proses pencatatannya harus mengikuti standar PSAK 109 tentang akuntansi zakat dan infak/sedekah agar dapat memberikan informasi akurat kepada pihak-pihak yang berkepentingan dan bentuk transparansi lembaga. PSAK 109 merupakan pedoman bagi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) untuk melakukan proses akuntansi. Dengan adanya PSAK 109 ini diharapkan dapat tercapai keseragaman pelaporan sehingga masyarakat dapat membaca laporan keuangan pertanggung jawaban OPZ tersebut dan mengawasi penyelenggaraan OPZ yang bersangkutan. Namun demikian, masih banyak lembaga zakat di Indonesia yang belum menerapkan PSAK 109 sebagai kebijakan akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penerapan akuntansi zakat dan infak/sedekah pada Bale Zakat dan Sodaqoh Kota Bandung dan untuk menganalisa apakah Bale Zakat dan Sodaqoh Kota Bandung sudah sepenuhnya menerapkan PSAK 109. Metode penulisan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Bale Zakat dan Sodaqoh Kota Bandung belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK 109 karena BAZAS Kota Bandung belum memisahkan antara dana zakat dan dana infak/sedekah, juga pada penyaluran infak/sedekah BAZAS belum membagi antara infak terikat dan tidak terikat dan untuk laporan keuangan, BAZAS hanya membuat laporan pemasukan dan pengeluaran saja. Namun, BAZAS beritikad untuk menerapkan sepenuhnya PSAK 109 sebagai acuan dalam membuat laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akuntansi Zakat dan Infak/Sedekah; PSAK 109
Subjects: Accounting
Accounting > Cost Accounting
Accounting > Public Accounting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Gabriel Ibrahim Alfarabi
Date Deposited: 05 Oct 2022 02:42
Last Modified: 05 Oct 2022 02:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59102

Actions (login required)

View Item View Item