Fauziyyah, Hilda (2022) Penerapan model siklus belajar 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration and Evaluation) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (215kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (829kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum 2013 menekankan kepada pembelajaran yang berpotensi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, sehingga peserta didik dituntut untuk berpikir kritis dan juga mampu menemukan solusi dari sebuah permasalahan. Salah satu solusi alternatif yang bisa digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Siklus Belajar 5E. Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Siklus Belajar 5E dan perbedaan keterampilan berpikir kritis setelah dilakukannya pembelajaran dengan menerapkan model Siklus Belajar 5E. metode yang digunakan adalah pre-experimental one group pretest-posttest dengan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas X MIPA 3 SMAN 22 Kota Bekasi dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar SAS dan soal keterampilan berpikir kritis. Hasil dari penelitian pada keterlaksanaan pembelajaran model Siklus Belajar 5E berlangsung efektif dengan persentase sebesar 82%. Keterampilan berpikir kritis peserta didik memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa nilai t_hitung sebesar 27,36 dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 lebih besar dari nilai t_(tabel ) sebesar 2,042 (t_hitung>t_(tabel )). Maka secara signifikan terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik X MIPA 3 SMAN 22 Kota Bekasi setelah diterapkan model Siklus Belajar 5E pada pembelajaran fisika materi usaha dan energi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model siklus bekajar 5E; keterampilan berpikir kritis; usaha dan energi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Hilda Fauziyyah |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 01:37 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 01:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59115 |
Actions (login required)
View Item |