Peran pemberdayaan Asal SMA Tiga (ASMAT) dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui penjualan Tauco : Studi deskriptif di Pamoyanan Kabupaten Cianjur

Al-Rafly, Muhammad Yusuf (2022) Peran pemberdayaan Asal SMA Tiga (ASMAT) dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui penjualan Tauco : Studi deskriptif di Pamoyanan Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy

Abstract

Provinsi Jawa Barat sangat potensial dalam ketersediaan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM). Tak hanya itu banyaknya sumber daya alam yang melimpah tersebut memiliki kareaktersitik yang beragaman, terutama wisata kuliner yang berdasarkan kearifan yang ada di setiap daerah nya masing-masing. Wisata kuliner tauco bisa dijadikan sebuah contoh, yaitu dengan adanya peran untuk pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh sebuah organisasi Asal SMA Tiga serta dukungan dari masyarakat untuk peningkatan kesejateraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui program pemberdayaan Asal SMA Tiga (ASMAT) dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Pamoyanan Cianjur, 2). Mengetahui pelaksanaan program pemberdayaan Asal SMA Tiga (SMAT) dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui penjualan Tauco Cianjur. Penelitian ini menggunakan teori peran menurut Soerjono Soekanto (2002:243) apabila seseorang melaksanakan hak dan kewajibannya yang sesuai, maka ia telah melakukan suatu peranan, dan teori pemberdayaan menurut Menurut Suharto (2005:87). Dalam proses pemberdayaan perlu adanya berbagai pendekatan. Pendekatan ini dapat dilakukan dengan 5P yaitu: pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan, dan pemeliharaan. Metodologi penelitian ini bersifat kualitatif, yang mana dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data dengan tahapan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data atau penyelidikan disajikan dengan membuat gambaran sesuai keadaan yang dialami. Teknik pengumpulan data ini ditujukan untuk menggali sumber data dari hasil perekaman temapt, waktu dan peristiwa saat penelitian dan merupakan sumber bahan rujukan jika terdapat kekurangan informasi yang dibutuhkan. Hal ini untuk melihat langsung potensi serta masalah yang ada di dalam daerah tersebut dan mendapat informasi yang akurat. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil adalah terkait peran pemberdayaan Asal SMA Tiga (ASMAT) sebagai proses adaptasi yang kemudian menyempurnakan dan pembenahan yang disesuaikan dengan potensi serta permasalahan yang ada dalam masyarakat. Hal ini menjadi faktor utama dalam kesejahteraan masyarakat daerah Pamoyanan, yang mana kesejahteraan ini berfungsi untuk memperkuat terhadap dirinya sendiri, dalam keluarga maupun masyarakat. Dengan tujuan agar meminimalisir terjadinya masalah sosial atau konflik yang baru. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Peran Pemberdayaan Asal SMA Tiga (ASMAT) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat sangat membantu dalam proses kesejahteraan ekonomi masyarakat karena dilihat dari lokasi yang strategis dapat membantu membuka lapangan pekerjaan bagi yang ada di daerah tersebut untuk memiliki pendapatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Asal SMA Tiga (ASMAT); Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat; Tauco Cap Biruang;
Subjects: Administration of Economy
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Yusuf Al-Rafly
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:03
Last Modified: 05 Oct 2022 04:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59159

Actions (login required)

View Item View Item