Pengaruh konseling individu dan Muhasabah terhadap peningkatan kedisiplinan remaja Broken Home : Studi kasus di Madrasah Aliyah As-Sakienah Boarding School Indramayu

Fatchurroji, Fatchurroji (2022) Pengaruh konseling individu dan Muhasabah terhadap peningkatan kedisiplinan remaja Broken Home : Studi kasus di Madrasah Aliyah As-Sakienah Boarding School Indramayu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy

Abstract

Banyak remaja yang menjadi korban broken home tidak bisa menerima apa yang telah dialami oleh kedua orang tuanya. Sebagian besar dari mereka kurang bisa mengendalikan diri dan tumbuh menjadi remaja yang hidup di linkungan yang sangat bebas sehingga banyak yang tumbuh tanpa arahan. Peningkatan Kedisiplinan sangat penting dilakukan agar para remaja yang menjadi korban broken home tidak terjatuh dalam persepsi yang salah dan mengutuk keadaan dari apa yang terjadi dalam hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Konseling Individu (X1) terhadap Peningkatan Kedisiplinan (Y) Remaja Broken Home, pengaruh Muhasabah (X2) terhadap Peningkatan Kedisiplinan (Y) Remaja Broken Home, serta pengaruh Konseling Individu (X1) dan Muhasabah (X2) terhadap Peningkatan Kedisiplinan Remaja Broken Home. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah Remaja Broken Home Madrasah Aliyah As-Sakienah Boarding School Indramayu. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara non probability sampling dengan menggunakan purposive sampling, sehingga ditentukan sampel yang dipilih yaitu dengan pertimbangan tertentu. Metode pengolahan data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji parsial, uji simultan, dan uji koefisien determinasi. Adapun perhitungan dalam mengolah data ini dengan dibantu program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konseling Individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Kedisiplinan, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel (4.612 > 2.051) dan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Muhasabah tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Peningkatan Kedisiplinan, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel (0.948 > 2.051) dan nilai signifikansi 0.352 < 0.05. Hasil penelitian bahwa Konseling Individu dan Muhasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Kedisiplinan, hal ini dibuktikan dengan f hitung > f tabel (14.113 > 4,20) dan nilai signifikansi 0,000. Nilai koefisien determinasi (R2) Konseling Individu dan Muhasabah sebesar 51,1%, sedangkan sisanya 48,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu; Muhasabah; Peningkatan Kedisiplinan Remaja Broken Home
Subjects: Religious Ethics
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fatchurroji Fatchurroji
Date Deposited: 06 Oct 2022 01:53
Last Modified: 06 Oct 2022 01:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59175

Actions (login required)

View Item View Item