Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis Powtoon pada materi Sistem Persamaan Liner Dua Variabel (SPLDV)

Tetriyani, Erina (2022) Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis Powtoon pada materi Sistem Persamaan Liner Dua Variabel (SPLDV). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Dengan masih kurangnya pemanfaatan media pembelajaran pada kasus ini menjadikan latar belakang dari penelitian ini, sehingga untuk meningkatkan penggunaan media pembelajaran diperlukan suatu media yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran disekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan video animasi berbasis Powtoon pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di SMP Negeri 31 Bandung. (2) Untuk menganalisis kelayakan media video video animasi berbasis Powtoon pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di SMP Negeri 31 Bandung, dan (3) Melihat respon siswa dalam penggunaan video animasi berbasis Powtoon pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di SMP Negeri 31 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah RND dengan model pengembangan ADDIE (Analysis; Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-K SMP Negeri 31 Bandung, Tahun Ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar wawancara, angket validasi ahli materi, ahli media dan ahli mata pelajaran dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pengembangan video pembelajaran animasi berbasis powtoon dikategorikan baik dengan presentase ahli materi sebesar 76% dengan kategori baik, ahli media 59,5% dengan kategori cukup baik, dan yang terakhir yaitu ahli mata pelajaran dengan presentase 75%. Sementara presentase hasil rata-rata dari angket respon siswa sebesar 76,1% yang yang artinya mendapat respon yang baik dari siswa dalam penggunaan video animasi berbasis powtoon.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Video Pembelajaran, Video Animasi; Powtoon; Sitem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV);
Subjects: Education, Research
Mathematics
Arithmetics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: erina tetriyani
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:14
Last Modified: 11 Oct 2022 02:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59197

Actions (login required)

View Item View Item