Pemberdayaan masyarakat perkotaan melalui program inovasi pembangunan dan pemberdayaan kewilayahan Kota Bandung : Studi deskriptif di Kelurahan Pasirbiru

Zamzami, Hasby (2022) Pemberdayaan masyarakat perkotaan melalui program inovasi pembangunan dan pemberdayaan kewilayahan Kota Bandung : Studi deskriptif di Kelurahan Pasirbiru. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy

Abstract

Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) merupakan program pemberdayaan kewilayahan yang meliputi kegiatan pemberdayaan lingkup RW, pemberdayaan lingkup PKK, pemberdayaan lingkup Karang Taruna dan pemberdayaan lingkup LPM. Tujuan dari penelitian ini mengetahui: 1) Perencanaan program pemberdayaan masyarakat Kelurahan Pasir Biru melalui PIPPK, 2) Proses pemberdayaan masyarakat Kelurahan Pasir Biru melalui PIPPK, 3) Pelaksanaan pemberdayaan masyarakat Kelurahan Pasir Biru melalui PIPPK. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks jurusan pengembangan masyarakat Islam. Teori yang di pakai dalam penelitian ini menggunakan teori Sutrisno yaitu pemberdayaan sendiri diserahkan kepada masyarakat langsung untuk mengelola sendiri dana pembangunan baik yang berasal dari pemerintah maupun dari pihak lain, disamping mereka harus aktif berpartisipasi dalam proses pemilihan, perencanaan, dan pelaksanaan pembangunan. Hasil dari penelitian ini menunjukan: 1) Perencanaan pemberdayaan masyarakat kelurahan pasir biru melalui program PIPPK dengan melakukan beberapa usulan-usulan pada saat kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang), 2) Proses pemberdayaan masyarakat kelurahan pasir biru melalui program PIPPK dari Perencanan melalui musyawarah rempug warga, Melakukan penyaringan kebutuhan hasil dari rempug warga untuk PIPPK, Pelaksanaan program, Pendampingan program, Evaluasi dan Laporan, 3) Pelaksanaan pemberdayaan masyarakat kelurahan pasir biru melalui program PIPPK mendorong terbentuk keterampilan yang bertujuan untuk membentuk kemandirian dalam segi pola pikir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Masyarakat; PIPPK; Kelurahan Pasirbiru
Subjects: Accounting
Accounting > Constructive Accounting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Hasby zamzami
Date Deposited: 06 Oct 2022 06:44
Last Modified: 13 Oct 2022 07:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59241

Actions (login required)

View Item View Item