Peran pendampingan Dinas Kehutanan dalam memberdayakan anggota kelompok Tani Hutan Lestari Sejahtera : Studi deskriptif desa Cibeber kecamatan Sukagumiwang kabupaten Indramayu

Firdaus, Raka (2023) Peran pendampingan Dinas Kehutanan dalam memberdayakan anggota kelompok Tani Hutan Lestari Sejahtera : Studi deskriptif desa Cibeber kecamatan Sukagumiwang kabupaten Indramayu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)

Abstract

Preoblematika yang terjadi pada masyarakat pedesaan yaitu belum berdayanya masyarakat desa dalam berbagai aspek dan seringkali belum menyadai potensi yang dapat dimanfaatkan oleh mereka. Oleh karrena itu perlunya penyadaran pada masyarakat desa bahwa potensi yang dapat dimanfaatkan bukan hanya pada bidang pertanian dan perkebunan saja. Namun, pada bidang perhutanan dengan membentuk Kelompok Tani Hutan sehingga dapat memanfaatkan hasil hutan buakan kayu yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber keberdayaan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi program-program pemberdayaan budidaya madu dan ekowisata hutan, proses pendampingan dan pemberdayaan dan hasil Pendampingan dan pemberdayaan Dinas Kehutanan Dalam Memberdayakan Anggota Kelompok Tani Hutan Lestari Sejahtera di desa Cibeber. Penelitian ini merujuk kepada teori pemberdayaan masyarakat yang dikemukakan oleh Eddy Ch, bahwa pemberdayaan merupakan upaya dalam membangun, mendorong, memotivasi dan membangkitkan kesadaran masyarakat akan potensi yang dimiliki oleh masyarakat sehingga menjadi sebuah tindakan yang nyata. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu, data yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisis kemudian dibuat kesimpulan. Informan dalam penelitian ini penyuluh Kehutanan, aparat Pemerintahan Desa Cibeber, Ketua dan anggota Kelompok Hutan lestari Sejahtera. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan Program pendampingan yang dilakukan oleh Dinas Kehutanan yaitu: a) Budidaya Madu, b) Pengembangan Objek Wisata, c) Pengarahan Rehabilitas Hutan. Adapun proses pendampingan yang dilakukan oleh Dinas Kehutanan terhadap Kelompok Tani Hutan Lestari Sejahtera dengan berbagai aspek. Sehingga, menjadikan bertambanhnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat mengenai pengelolaan budidaya madu dan ekowisata. Dapat disimpulkan bahwa perogram pendampingan dan pemberdayaan anggota Kelompok Tani Hutan Lestari Sejahtera ini berhasil, dan dalam hal ini Dinas Kehutanan berperan penting dalam pelaksaan program tersebut. Kata Kunci: Kelompok Tani Hutan (KTH), Pemberdayaan, Pendampingan, Penyuluhan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kelompok Tani Hutan (KTH); Pemberdayaan; Pendampingan; Penyuluhan
Subjects: Communities
General Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Raka Firdaus Pratama
Date Deposited: 03 Nov 2023 08:37
Last Modified: 03 Nov 2023 08:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59242

Actions (login required)

View Item View Item