Penerapan sistem informasi akuntansi siklus pembiayaan mudharabah sebagai pengendalian internal pada BMT Rukun Abadi periode 2018-2021

Putri, Firna Flarestiana Akhirni (2022) Penerapan sistem informasi akuntansi siklus pembiayaan mudharabah sebagai pengendalian internal pada BMT Rukun Abadi periode 2018-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
4_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Pembiayaan mudharabah merupakan salah satu produk pembiayaan yang menggunakan akad kerjasama yang terdapat pada BMT Rukun Abadi. Dalam setiap transaksi akad, BMT Rukun Abadi memerlukan sistem informasi akuntansi agar proses penyaluran pembiayaan mudharabah dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Sistem informasi akuntansi merupakan salah satu sarana pengendalian internal pada BMT Rukun Abadi agar setiap prosedur yang dilakukan dapat sesuai dengan rencana untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Penerapan sistem informasi akuntansi masih sangat sederhana, hal tersebut dapat membuat sistem pengendalian internal tidak terlaksana dengan maksimal pada BMT Rukun Abadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Prosedur pembiayaan mudharabah pada BMT Rukun Abadi. 2) Penerapan sistem informasi akuntansi siklus pembiayaan mudharabah pada BMT Rukun Abadi. 3) Prosedur pengendalian internal pada BMT Rukun Abadi; dan 4) Kesesuaian sistem informasi akuntansi siklus pembiayaan mudharabah pada BMT Rukun Abadi dengan teori sistem informasi akuntansi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dan menggunakan data sekunder dengan studi pustaka. Pembiayaan mudharabah merupakan pembiayaan yang dilakukan dengan akad kerjasama. Dalam proses transaksi akad, dibutuhkan sistem informasi akuntansi. Sistem informasi akuntansi merupakan sekumpulan sistem yang saling berhubungan satu sama lain untuk menghasilkan informasi keuangan. Salah satu fungsi sistem informasi akuntansi adalah sebagai pengendalian internal dalam perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Kecurangan pada perusahaan terjadi karena sistem informasi akuntansi yang tidak berjalan dengan baik, sehingga pengendalian internal tidak terlaksana dengan optimal. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Prosedur pembiayaan mudharabah pada BMT Rukun Abadi sudah diterapkan dengan baik. 2) Penerapan sistem informasi akuntansi siklus pembiayaan mudharabah pada BMT Rukun Abadi sudah terlaksana, namun masih sangat sederhana. 3) Prosedur pengendalian internal pada BMT Rukun Abadi belum terlaksana secara optimal; dan 4) Sistem informasi akuntansi siklus pembiayaan mudharabah pada BMT Rukun Abadi sudah sesuai dengan teori sistem informai akuntansi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pembiayaan mudharabah; sistem informasi akuntansi; pengendalian internal
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Firna Flarestiana Akhirni Putri
Date Deposited: 06 Oct 2022 01:03
Last Modified: 06 Oct 2022 01:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59257

Actions (login required)

View Item View Item