Implementasi E-Learning Madrasah versi 4.5.1 berbasis manajemen sistem informasi

Fitaloka, Diah Sultonah (2022) Implementasi E-Learning Madrasah versi 4.5.1 berbasis manajemen sistem informasi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.docx.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.docx.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTARISI.docx.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB1.docx.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text
5_BAB2.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB3.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB5.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text
9_DAFTARPUSTAKA.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Era industri 4.0 memiliki pengaruh yang besar terhadap berbagai sektor ekonomi, sosial, budaya, politik, tidak terkecuali pada dunia pendidikan. Peran sistem informasi pada sebuah intitusi sangatlah dibutuhkan untuk menunjang tercapainya tujuan dari suatu institusi dan membantu mengontrol sumber daya kelembagaan. Sistem informasi manajemen di suatu lembaga pendidikan sangatlah penting terutama dalam perencanaan, pengawasan, pemantauan dan evaluasi. Dengan hadirnya E-Learning versi 4.5.1 menjadi sebuah hal terbaru dalam dunia teknologi informasi di pendidikan.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi E-Learning Madrasah versi 4.5.1 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Indramayu dan Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Indramayu. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, verifikasi dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) perencanaan E-Learning madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Indramayu dan Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Indramayu dilakukan dengan persiapan KBM, menentukan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran, kemudian menyiapkan materi yang akan disampaikan kepada peserta didik, merumuskan RPP, membuat bahan ajar berupa link vidio atau vidio pembelajaran Komunikasi berupa sosialisasi, sumber daya manusia yang harus tetap berkembang. Disposisi dengan terstrukturnya pengawas baik dari internal maupun external. Struktur birokrasi yang sesuai dengan edaran dan SOP yang berlaku. 2) Dalam pelaksanaanya penyampaian materi di E-Learning madrasah biasannya guru memberikan link pembelajaran yang ada di youtube, untuk penguploudan video secara langsung pada e-learning, guru kesulitan karena membutuhkan paket data yang kuat, dan peserta didik pun juga akan kesulitan dalam mengaksesnya karena harus membutuhkan jaringan yang kuat. Dalam pelaksanaanya banyak terdapat faktor - faktor terkait manajemen, kesiapanan siswa, guru, infrakstruktur, budaya lingkungan madrasah dan aplikasi itu sendiri yang sangat berkaitan satu sama lain. 3) Evaluasi pembelajaran daring menggunakan e-learning madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Indramayu dan Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Indramayu, meliputi Penilaian pengetahuan dengan teknik penilaian tes tulis dan penugasan atau soal pada CBT (ketika selesai satu bab materi). Dalam evaluasinya hasil pembelajaran E-Learning madrasah di kedua madrasah tersebut sangatlah efektif dan dibarengi dengan proses pembelajaran yang berbeda. Adapun perbedaan E-Learning versi terbaru dengan versi lamanya ialah dengan adanya video conference dan whatsapp blast dan fitur fitur lainya yang membatu pada proses kegiatan pembelajaran. 4) Keberhasilan dan hambatan yang ditemukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri ditemukan beberapa faktor terkait manajemen, kesiapanan siswa, guru, infrakstruktur, budaya lingkungan madrasah dan aplikasi itu sendiri yang sangat berkaitan satu sama lain. Dari penelitian di kedua madrasah tersebut terdapat hamabatan hambatan diantaranya terkait penguploadan video, jaringan, login username dan lupa password. Keberhasilanya siswa di madrasah lebih mudah menggunakanya melalui handphone dan memudahkan siswa untuk mengumpulkan tugas melalui E-Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-Learning; Sistem Informasi Manajemen; Pembelajaran Daring
Subjects: Data Processing, Computer Science > Hybrid and Analog Computers
Data Processing, Computer Science > Interfacing and Communications
Data Processing, Computer Science > Internet Discussion Group
Culture and Institutions
Organizations of Technology and Applied Sciences
Organization an Management of History
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Diah Sultonah Fitaloka
Date Deposited: 12 Oct 2022 06:55
Last Modified: 12 Oct 2022 06:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59288

Actions (login required)

View Item View Item