Pesan dakwah tentang akhlak pada novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy : Analisis wacana Teun A Van Dijk.

Sagita, Sherly (2022) Pesan dakwah tentang akhlak pada novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy : Analisis wacana Teun A Van Dijk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
Text (COVER).pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Text (ABSTRAK).pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Text (DAFTAR ISI).pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Text (BAB I).pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text
Text (BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
Text (BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
Text (BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

Tidak semua orang menyukai dunia sastra. Novel merupakan bentuk karya sastra yang imajinatif, karena novel mengandung realitas atau fakta kehidupan. Dalam kajian dakwah, novel ialah bentuk media dakwah yang bisa dikatakan modern karena novel adalah bentuk hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari segi visual. Dakwah dalam Islam ialah agama yang mulia karena merupakan suatu usaha dan upaya untuk mengubah manusia ke arah yang lebih baik. Dakwah wajib disampaikan oleh manusia sebagai kewajiban dalam mengingatkan sesama walau satu ayat. Semua menyadari dakwah Islam adalah tugas suci yang dibebankan setiap muslim di mana pun berada serta dalam kondisi apa pun. Tujuan dakwah islam ialah untuk mengharapkan potensi manusia agar eksistensi mereka memiliki arti dan makna di hadapan Allah. Dakwah merupakan tugas umat secara keseluruhan, bukan hanya tugas kelompok tertentu Islam. (Al-Munawar Sa’id,2003: 6). Penelitian pada buku novel berjudul bidadari bermata bening melingkupi rumusan masalah yang terdiri dari tiga hal yakni : apa saja tema akhlak, bagaimana pesan dakwah tentang akhlak pada novel bidadari bermata bening, bagaimana kemasan akhlak di dalam novel karya Habiburrahman El Shirazy ini. Adapun paradigma yang dipakai dan cocok dengan kajian yang dibahas yaitu paradigma strukturalisme. Paradigma ini memandang ilmu sosial sebagai analisis yang sangat sistematis untuk dilakukan pengamatan pada penelitian secara terperinci. Paradigma ini berfungsi sebagai cara untuk menempatkan seseorang yang melakukan penelitian agar lebih setara dan logis terhadap subjeknya. Metode yang dipakai yakni analisis Wacana dengan pendekatan kualitatif deskriptif menggunakan model Teun A. Van Dijk. Metode ini dilakukan dengan cara melakukan penjabaran dengan menafsirkan sebuah isi yang terdapat di dalam novel bidadari bermata bening yang berkaitan dengan pesan dakwah tentang akhlak. Karya tulis ilmiah ini membahas tentang berbagai tema pokok akhlak, pesan dakwah tentang akhlak di dalam novel bidadari bermata bening, mengenai berbagai kemasan pesan akhlak di dalam novel karya Habiburrahman El Shirazy tersebut. Penelitian ini menyimpulkan deskripsi novel Bidadari Bermata Bening, yang berkaitan dengan bagaimana struktur makro pesan akhlak dalam novel Bidadari Bermata Bening, superstrukturnya serta struktur mikro pesan dakwah tentang akhlak pada novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy menggunakan teori Teun A. Van Dijk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Karya Sastra Novel; Analisis Wacana Teun A. VanDijk
Subjects: Other Religion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Serly Saagita
Date Deposited: 06 Oct 2022 05:17
Last Modified: 06 Oct 2022 05:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59294

Actions (login required)

View Item View Item