Peran panti Yatim Indonesia dalam pemberdayaan Yatim dan Duafa : Studi deskriptif di jalan Cibaduyut Lama Komplek No 14 Kec. Bojongloa Kidul Kota Bandung

Utama, Nadjib Tirta (2022) Peran panti Yatim Indonesia dalam pemberdayaan Yatim dan Duafa : Studi deskriptif di jalan Cibaduyut Lama Komplek No 14 Kec. Bojongloa Kidul Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy

Abstract

Anak yatim dan duafa mempunyai hak-hak yang harus dipenuhi salah satu hak tersebut adalah didapatkannya pendidikan yang layak, bahwasanya mereka ini sebagai generasi bangsa kedepanya dalam melanjutkan pembangunan kemajuan bangsa. Panti Yatim Indonesia merupakan sebuah lembaga yang mewadahi yatim dan duafa dengan visi pemberdayaan melalui pembinaan, pelatihan, dan pengajaran untuk mengembangkan masyarakat berbasis islam. Tujuan dalam penelitian peran Panti Yatim Indonesia ini ialah untuk mengetahui program-program apa saja yang dilakukan kemudian usaha apa yang dilakukan PYI dalam pemberdayaan yatim dan duafa dan hasil dari program pemberdayaan berdampak seperti apa kepada yatim dan duafa. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis dilakukan secara deskriptif yakni data yang didapatkan dari lapangan diolah secara sistematis baik berupa kata-kata, tertulis atau lisan dari orang dan prilaku yang dapat diamati. Adapun yang dijadikan sumber informasi dalam penelitian ini adalah yatim dan duafa beserta pengelola Panti Yatim Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Landasan pemikiran yang digunakan adalah teori Peran menurut Sarlito yang diartikan pada karakterisasi yang disandang untuk dibawakan oleh seorang aktor dalam sebuah pentas drama, yang dalam konteks sosial peran diartikan sebagai suatu fungsi yang dibawakan seseorang ketika menduduki suatu posisi dalam struktur sosial. Peran seorang aktor adalah batasan yang dirancang oleh aktor lain, yang kebetulan sama-sama berada dalam satu penampilan/unjuk peran (role perfomance), maka PYI pula sebagai lembaga yang mengelola yatim dan duafa menjalankan perananya dalam pemberdayaan agar yatim dan duafa menjadi mandiri. Teori selanjutnya yang digunakan pada pemberdayaan ialah teori menurut Prijono, S. Onny dan Pranarka, A.M.W yakni pemberdayaan ialah proses penguatan individu atau masyarakat supaya mereka berdaya. Mendorong dan memotivasi mereka untuk memiliki kemampuan dalam menentukan pilihan hidupnya. Pada hasil penelitian menunjukan peran yang dilakukan Panti Yatim Indonesia dalam pemberdayaan kepada yatim dan duafa diantaranya adanya perubahan yang signifikan pada sikap anak-anak asuh yang semakin menyadari akan pentingnya bekal ilmu dan keterampilan untuk hidup di masa depan, bahkan sudah ada yang dapat mengabdikan diri di yayasan kemudian ada pula yang sudah bekerja dan mempunyai usaha sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Pemberdayaan Yatim dan duafa; Pengembangan SDM; Pengelola Panti Yatim Indonesia
Subjects: General Management > Personnel Management
General Management > Elements of Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nadjib Tirta Utama
Date Deposited: 07 Oct 2022 01:06
Last Modified: 07 Oct 2022 01:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59297

Actions (login required)

View Item View Item