Media sosial sebagai sarana penyebarluasan berita : Studi deskriptif mengenai penggunaan YouTube dalam menyebarkan berita pada Radio PRFM

Viastiana, Zalfa (2022) Media sosial sebagai sarana penyebarluasan berita : Studi deskriptif mengenai penggunaan YouTube dalam menyebarkan berita pada Radio PRFM. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini melatarbelakangi media konvensional yang saat ini mulai beralih menggunakan media sosial sebagai sarana untuk menyebarkan informasi, salah satunya adalah Radio PRFM yyang mulai menggunakan media sosial YouTube sebagai sarana untuk menyebarkan berita. YouTube sendiri merupakan media sosial berbasis video sharing yang dijadikan alternatif untuk melihat tayangan berita secara audiovisual menggunakan internet. Adapun kelebihan yang dimiliki YouTube yaitu dapat diakses kapanpun dan dimanapun yang membuat YouTube populer hingga saat ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses produksi berita yang dilakukan oleh Radio PRFM untuk ditayangkan di media sosial YouTube, mulai dari proses pemilihan isu, proses penyajian berita, dan evaluasi yang dilakukan Radio PRFM terhadap konten berita yang ditayangkan di YouTube. Penelitian ini menggunakan teori new media yang dikemukakan oleh Pierre Levy yang menjelaskan mengenai pengembangan media baru yang memiliki dua pandangan yaitu pandangan interaksi sosial dan pandangan integrasi sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang akan menghasilkan data berupa bahasa tertulis maupun lisan dari individu pada lembaga yang diamati. Data diperoleh melalui wawancara mendalam kepada kepala divisi YouTube Radio PRFM dan pemimpin redaksi Radio PRFM, hasil observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada proses pemilihan isu faktor utama dalam pemilihan isu YouTube Radio PRFM yaitu faktor kedekatan secara wilayah, isu didapatkan melalui media sosial dan liputan secara langsung. Pada proses penyajian beritanya, YouTube Radio PRFM mempunyai dua konten berita utama yang disajikan di YouTube, yaitu konten berita video pendek dan konten berita liputan khusus. Dalam proses editingnya, YouTube Radio PRFM menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro dan Adobe Photoshop, kemudian dipublikasikan dengan memanfaatkan fitur yang terdapat di YouTube. Pada proses evaluasi, YouTube Radio PRFM melakukan evaluasi dengan cara menyajikan semua jenis berita ke YouTube untuk diamati konten berita mana yang lebih diminati oleh penonton untuk dijadikan sebagai acuan pembuatan konten berita selanjutnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: YouTube; Isu; Berita; Radio PRFM
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Zalfa Viastiana
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:09
Last Modified: 07 Oct 2022 03:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59310

Actions (login required)

View Item View Item