Aktivitas belajar siswa melalui media Video Slide hubungannya dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran PAI : Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMPN 1 Bojongsoang Kabupaten Bandung

Savero, Widad Kholish (2022) Aktivitas belajar siswa melalui media Video Slide hubungannya dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran PAI : Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMPN 1 Bojongsoang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penemuan peneliti mengenai fenomena aktivitas belajar siswa yang kurang maksimal dalam hal kecil seperti perhatian siswa terhadap guru saat pelajaran berlangsung, menulis materi mata pelajaran yang disampaikan guru sehingga terdapat siswa yang hasil belajar pada mata pelajaran PAI nya kurang maksimal. Menanggapi fenomena ini, peneliti melakukan tindakan dengan penerapan media video slide kemudian hal ini dikorelasikan dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Aktivitas belajar siswa melalui media video slide pada mata pelajaran PAI; 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI; 3) Hubungan aktivitas belajar siswa melalui media video slide dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI. Kerangka berfikir penelitian ini bahwa aktivitas belajar siswa melalui media video slide terdapat hubungan dengan hasil belajar kognitif mereka. Dari asumsi tersebut, dapat dijabarkan hipotesis bahwa semakin tinggi aktivitas belajar siswa melalui media video, maka semakin baik pula hasil belajar kognitif siswa. Demikian juga sebaliknya, semakin rendah aktivitas belajar siswa melalui media video slide, maka semakin buruk hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan metode korelasional. Peneliti mengambil sampel sebanyak 40 responden dari kelas VIII E berjumlah 30 siswa dan sisanya 10 siswa dari kelas VIII F. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Mengenai analisis data pada penelitian ini yaitu dengan analisis validitas dan reliabilitas, analisis parsial perindikator, uji normalitas data, analisis korelasional yang terdiri: penentuan regresi linieritas, koefisien korelasi, pengujian hipotesis, dan penentuan kadar persentase dari derajat korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) aktivitas belajar siswa berkategori cukup dengan skor rata-rata 3,14 yang berada pada interval 2,6-3,5; 2) hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI berkategori tinggi dengan skor rata-rata akhir 75,10 yang berada pada interval 70-79; 3) Kedua variabel tersebut memiliki hubungan positif yang signifikan dengan bukti uji hipotesis thitung (24,87) ≥ ttabel (0,312). Hasil Uji Hipotesis tersebut, dapat diketahui bahwa H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat hubungan antara aktivitas belajar siswa melalui media video slide dengan hasil belajar kognitif. Sementara itu, koefisien korelasinya sebesar 0,97 yang berada di interval 0,91-1,00, sehingga dapat dikatakan bahwa data ini bersifat korelasi positif dan berkategori sangat tinggi. Dengan demikian, terdapat hubungan antara aktivitas belajar siswa melalui media video slide dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMPN 1 Bojongsoang Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar Siswa; Media Video Slide; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Widad Kholish Savero
Date Deposited: 07 Oct 2022 01:17
Last Modified: 07 Oct 2022 01:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59334

Actions (login required)

View Item View Item