Solahudin, Ahmad Pauzi (2015) Karakteristik Pendidik dalam Al-Qur’an Surat Al-Mudatsir Ayat 2-7 Menurut Tafsir Ibn Katsir (Analisis Ilmu Pendidikan Islam). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf Download (122kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
4_BABI.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) |
||
Text (BAB II)
5_BAB2.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB3.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (106kB) | Preview |
Abstract
Pada dasarnya tujuan pendidikan tidak hanya pengembangan aspek individualitas dan sosialitas, melainkan juga mengarahkan perkembangan kemampuan dasar tersebut kepada pola hidup yang dibutuhkan manusia dalam bidang keduniawian dalam bidang fisik (material) dan mental (spiritual) yang harmonis atau dalam istilah lain “insan kamil” Untuk mewujudkan semua itu tentunya diperlukan mediator yang dalam pendidikan disebut pendidik yang mempunyai kepribadian sempurna pula, yaitu yang dapat menempatkan sebagai panutan, teladan, serta orang yang mempengaruhi secara positif terhadap anak didiknya. Namun akhir-akhir ini banyak sekali kelakuan oknum pendidik yang meyimpang dari kodrat seorang pendidik, sehingga mencemarkan wibawa dan citra pendidik. Mengingat sosok pendidik adalah contoh tauladan bagi peserta didik dan masyarakat. Untuk itu dipilihlah pokok permasalahan tentang karakteristik pendidik dalam al-Qur’an surat al-Mudatsir ayat 2-7 menurut Tafsir Ibn Katsir Adapun tujuan dari penelitian ini antara lain (1) untuk untuk mengetahui karakteristik pendidik menurut Ilmu Pendidikan Islam, (2) untuk mengetahui penafsiran Ibn Katsir terhadap al-Quran surat al-Mudatsir ayat 2-7, (3) untuk mengetahui analisis karakteristik pendidik yang tekandung dalam al-Qur’an surat al-Mudatsir ayat 2-7 menurut tafsir Ibn Katsir. Karakteristik pendidik sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pengembangan peserta didik. Kepribadian yang mantap dari seorang pendidik akan memberikan teladan yang baik terhadap anak didik, sehingga pendidik akan tampil sebagai sosok yang patut untuk ditaati segala nasehat, ucapan dan perintahnya, dan patut untuk dicontoh sikap dan prilakunya, dengan kata lain guru pantas untuk “digugu” dan “ditiru”. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif mengenai karakteristik pendidik dalam Al-Qur’an surat Al-Mudatsir ayat 2- 7 menurut tafsir Ibn Katsir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka dari tafsir Ibn Katsir dan buku-buku ilmu pendidikan Islam. Kemudian analisis datanya menggunakan proses satuan, kategorisasi, penafsiran, serta menarik simpulan. Berdasarkan hasil analisis pada Al-Qur’an surat Al-Mudatsir ayat 2-7, bahwa karakteristik pendidik menurut Ibn Katsir adalah : senantiasa beriman kepada Allah, ikhlas,bekerja keras, membersihkan hati dan pakaian, meninggalkan perbuatan dosa dan sabar. Hal ini diharapkan dapat mengefektifkan dan mengefisiensikan proses pembelajaran serta menjadikan salah satu faktor untuk mencapai pendidikan yang ideal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 3781 not found. |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 08:20 |
Last Modified: | 03 Jul 2018 08:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5934 |
Actions (login required)
View Item |