Peran home industry dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat menengah ke bawah: Studi deskriptif konveksi Billinia di Kebon Kolot kecamatan Purwakarta kabupaten Purwakarta

Prihatini, Rera Agistha (2022) Peran home industry dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat menengah ke bawah: Studi deskriptif konveksi Billinia di Kebon Kolot kecamatan Purwakarta kabupaten Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat menengah ke bawah melalui home industry bernama Konveksi Billinia merupakan tempat dimana masyarakat atau penduduk lokal berperan penting dalam pelaksanaan program home industry ini dan sebagai instrumen pendidikan bagi pengembangan potensi. Konveksi Billinia ini berada di wilayah Purwakarta merupakan salah satu home industry yang terus memberikan daya tariknya tersendiri melalui baju-baju yang diproduksinya. Kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan ini dinilai memiliki potensi yang cukup tinggi dalam memberikan kontribusi terhadap kemajuan ekonomi masyarakat Desa Kebon Kolot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahapan perencanaan pada program pemberdayaan ekonomi masyarakat, tahapan proses pada program pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan hasil yang diperoleh dari program home industry dalam pemberdayaan masyarakat menengah ke bawah di Konveksi Billinia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori peran dari Soerjono Soekanto yang mengemukakan bahwa peran merupakan aspek dinamis kedudukan (status), apabila seseorang melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya, maka ia menjalankan suatu peranan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini bersifat purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran home industry dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat menengah ke bawah yaitu membuka lapangan pekerjaan baru tanpa melihat standar pendidikan dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat bawah sampai menengah, sehingga dapat terpenuhi kebutuhan pokok nya. Dengan demikian, keberhasilan yang diraih dari program home industry karena adanya kerjasama antara pengelola, karyawan dan masyarakat menengah ke bawah yang sama-sama turut berperan dalam pelaksanaan program home industry melalui proses produksi dan pemasaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi; Home Industry; Masyarakat; Pemberdayaan; Peran;
Subjects: Production, Industrial Economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rahayuningsih Rahayuningsih
Date Deposited: 07 Oct 2022 01:43
Last Modified: 07 Oct 2022 01:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59358

Actions (login required)

View Item View Item