Setianingsih, Putri (2022) Penerapan model pembelajaran Inkuiri terbimbing berbantuan aplikasi Chemi-Lab pada materi Titrasi asam basa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (149kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan LK inkuiri berbantuan aplikasi chemi-lab pada materi titrasi asam basa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan aplikasi chemi-lab pada materi titrasi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one grup pretest- postest. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMAN Jatinangor dengan jumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa, LK, dan soal pretes postes. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa sebesar 96,51% dengan interpretasi sangat baik. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan LK inkuiri berbantuan aplikasi chemi-lab pada materi titrasi asam basa menghasilkan nilai beragam pada setiap tahapan. Perolehan nilai rata-rata dari terendah hingga tertinggi secara berturut-turut ialah, tahap membuat hipotesis dengan nilai rata-rata 75,00, tahap merancang percobaan dengan nilai rata-rata 82,89, tahap menarik kesimpulan dengan nilai rata-rata 89,00, tahap merumuskan masalah dengan nilai rata-rata 91,66, tahap menganalisis data dengan nilai rata-rata 92,67 dan tahap melakukan percobaan dengan nilai rata-rata 100. Peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan aplikasi chemi-lab pada materi titrasi asam basa tergolong tinggi dengan nilai n-gain sebesar 0,70. Berdasarkan uji wilcoxon didapatkan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan aplikasi chemi-lab dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing; Aplikasi Chemi-Lab; Titrasi Asam Basa |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Chemistry and Allied Science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Putri Setianingsih |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 01:51 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 01:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59449 |
Actions (login required)
View Item |