Pemberdayaan masyarakat melalui budidaya perikanan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19: Studi di Desa Tridayasakti Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi

Rasyid, Ihsanudin (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui budidaya perikanan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19: Studi di Desa Tridayasakti Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan sendiri merupakan suatu upaya pembangunan yang ditujukan untuk memberikan daya ataupun kekuatan agar tercapainya kesejahteraan pada masyarakat. Dengan kata lain pemberdayaan ialah upaya yang dilakukan untuk memberikan masyarakat keahlian agar tercapainya kemandirian. Kelompok Mina Mulya sendiri merupakan sebuah kelompok sosial di Desa Tridayasakti yang melakukan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan budidaya ikan hias. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat, bentuk peningkatan perekonomian dan dan faktor pendukung/penghambat melalui Budidaya Ikan Hias pada masa pandemi Covid-19 di Kampung Sasaktiga, Desa Tridayasakti Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini menurut Soeharto (2006:76) pemberdayaan masyarakat mempunyai tujuan utama yakni agar masyarakat bisa mandiri dan bisa tau apa potensi diri yang mereka miliki selama ini. Serta menurut Max Weber (1920) perilaku sosial adalah makna subjektif dari perilaku individu (aktor), jika suatu tindakan dianggap oleh orang lain dalam masyarakat, itu disebut tindakan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan metode deskriptif dengan mendeskripsikan secara empiris kondisi dilapangan. Sumber data terdiri dari sumber data primer yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Adapun sumber data sekunder didapatkan melalui teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman meliputi reduksi data, representasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosespemberdayaan memiliki tiga tahapan yang dilakukan oleh Kelompok Mina Mulya yaitu: a) tahap penyadaran, memberikan informasi dan memperkenalkan program pemberdayaan budidaya ikan hias; b) tahap peningkatan kapasitas, dilakukan untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan; c) tahap pendayaan memberikan kesempatan dengan mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat. Peningkatan perekonomian masyarakat memberikan manfaat antara lain yaitu: a) perubahan mata pencaharian masyarakat; b) membuka peluang usaha baru; c) meningkatkan pendapatan masyarakat; d) distribusi keuntungan; e) memperluas lapangan pekerjaan. Faktor pendorong dan penghambat mencakup; a) partisipasi masyarakat; b) sarana prasarana; c) kebijakan publik, adapun faktor penghambat mencakup: a) pola pikir masyarakat yang salah dan b) kecemburuan sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Kelompok Sosial; Budidaya Ikan Hias
Subjects: Social Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ihsanudin Rasyid
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:12
Last Modified: 12 Oct 2022 02:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59519

Actions (login required)

View Item View Item