Farid, Miftahul (2022) Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu LKPD untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada materi Ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (155kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantu LKPD pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one group pre-test post-test. Sampel penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil perhitungan statistik uji paired sample T-test menunjukan Sig. 0,000 < 0,05 artinya terdapat peningkatan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan model CTL berbantu LKPD. Data hasil penelitian berupa keterlaksanaan pembelajaran ekosistem menggunakan model CTL berbantu LKPD memperoleh skor ketercapaian aktivitas guru sebesar 94% dengan kategori sangat baik, dan keterlaksanaan aktivitas siswa memperoleh skor 92% dengan kategori sangat baik. Peningkatan ketermpilan berfikir kreatif siswa menggunakan model CTL berbantu LKPD memperoleh nilai rata-rata N-Gain 0,71 dengan kategori tinggi. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model CTL berbantu LKPD memperoleh nilai 81% dengan kategori sangat kuat. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model CTL berbantu LKPD dapat meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CTL; Ekosistem; Keterampilan Berpikir Kreatif; LKPD; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miftahul Farid |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 02:08 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 02:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59532 |
Actions (login required)
View Item |