Pengembangan media pembelajaran interaktif Flashcards berbasis digital pada materi Invertebrata

Jihni, Shofiah (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif Flashcards berbasis digital pada materi Invertebrata. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrack.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Berkembangnya ilmu pengetahuan pada pembelajaran abad 21 tidak terlepas dari peran teknologi. Berbagai bentuk teknologi digital media pembelajaran yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Invertebrata merupakan salah satu materi kompleks dalam pelajaran biologi yang memuat klasifikasi dan karakteristik karena itu, memerlukan media pembelajaran untuk membantu proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tahapan media pengembangan media pembelajaran flashcards berbasis digital, menganalisis validitas media pembelajaran interaktif flashcards berbasis digital dan menganalisis respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif flashcards berbasis digital. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D. Validitas penelitian media flashcards digital ini menghasilkan nilai kevalidan 82% oleh ahli materi, 88% ahli media dan 94% guru biologi sengan kriteria sangat layak dikarenakan tampilannya menarik dan isinya sesuai dengan materi. Hasil respon siswa diperoleh nilai persentase 81% dengan kriteria sangat positif karena tampilan media menarik dan materinya lebih ringkas sehingga tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Digital; Flashcards; Invertebrata; Media; R&D;
Subjects: Secondary Education
Biology
Arthropoda
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Shofiah Jihni
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:01
Last Modified: 11 Oct 2022 03:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59541

Actions (login required)

View Item View Item