Manajemen strategi Ziswaf dalam upaya optimalisasi pemberdayaan santri yatim : Studi deskriptif di Lembaga Amil Zakat Assalam Jl. Sasakgantung no. 13 Balonggede Kec Regol Kota Bandung, Jawa Barat 40251

Solehudin, Ahmad (2022) Manajemen strategi Ziswaf dalam upaya optimalisasi pemberdayaan santri yatim : Studi deskriptif di Lembaga Amil Zakat Assalam Jl. Sasakgantung no. 13 Balonggede Kec Regol Kota Bandung, Jawa Barat 40251. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy

Abstract

Suatu Lembaga Amil Zakat sudah mendapatkan kepercayaan menjalankan tugas dan fungsinya untuk menyalurkan zakat, infaq, wakaf dan shodaqoh. Lembaga Amil Zakat harus memperlihatkan kinerjanya dengan maksimal, agar masyarakat lebih tertarik dalam berzakat, infaq, sodaqoh, dan wakaf tersebut. Zakat merupakan sumber dana potensial yang dapat dimanfaatkan sebagai upaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Didalam pelaksanaannya, ibadah zakat melibatkan sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan harta benda, pengelolaan, pendistribusian, pengawasan, pengadministrasian, bahkan pertanggung jawaban yang berat karena berkaitan dengan harta benda. Oleh karena itu sangatlah dibutuhkan manajemen yang baik dalam pengelolaanya sehingga didirikan lah lembaga lembaga yang berkaitan dengan zakat. Penelitian ini juga memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui manajemen strategik LAZ Assalam yatim meliputi (1) Formulasi stategi pengelolaan Ziswaf Assalam. (2) Implementasi strategi pengelolaan Ziswaf Assalam. (3) Evaluasi strategi pengelolaan Ziswaf Assalam. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu menurut Thompsons dan Stickland III yaitu defenisi dari manajemen strategi yang didalamnya terdapat psroses manaejemen strategi, yaitu formulasi manajemen, implementasi manajemen dan juga evaluasi manajemen. Penelitian ini merupakan pada penelitian kualitatif yang mengambil lokasi penelitian di Lembaga Amil Zakat Assalam dengan menggunakan metode deskriptif, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa strategi pengelolaan Ziswaf LAZ Assalam dalam upaya optimalisasi pemberdayaan Yatim meliputi 1) formulasi strategi yang mendukung berjalannya LAZ Assalam dalam pengembangan visi dan misi lembaga, identifikasi peluang dan ancaman, identifikasi kekuatan dan kelemahan, penetapan tujuan jangka panjang dan penentuan alternatif strategi. 2) Implementasi strategi yang dilaksanakan sangat terkoordinir dengan baik dilihat dari pengembangan strategi sesuai dengan budaya lembaga, pengarahan pada bidang pemasaran dan pengaplikasian aspek pengelolaan Ziswaf yang baik dan matang. 3) evaluasi strategi yang didalamnya meliputi peninjauan dari faktor internal dan eksternal, pengukuran kinerja serta pengkoreksian serta pengambilan tindakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi; Pengelolaan; Ziswaf
Subjects: Customs of People > Organization and Management
Engineering > Management of Engineering
General Management > Equipment Management
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Ahmad Solehudin
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:34
Last Modified: 11 Oct 2022 02:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59552

Actions (login required)

View Item View Item