Jauhar, Ruli (2022) Rancang bangun pengendali torsi berbasis metode Field Oriented Control (FOC) pada motor BLDC 3 fasa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (296kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (932kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) | Request a copy |
||
Text (BAB VI)
9_bab6.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) | Request a copy |
Abstract
Motor Brushless Direct Current (BLDC) memiliki karakteristik pengendalian kecepatan dan torsi yang lebih baik, efisiensi yang tinggi, dan biaya pemeliharaan yang terjangkau dibandingkan dengan jenis motor listrik lainnya. Motor BLDC memerlukan sistem kendali yang dapat menghasilkan torsi yang stabil dan responsif untuk memaksimalkan keunggulan tersebut. Penelitian ini membahas mengenai pengendalian torsi dengan kendali Proportional Integral (PI) dan metode Field Oriented Control (FOC) menggunakan DSP LauncPad XL TMS320F28069M. Penelitian ini terlebih dahulu mensimulasikan kendali PI untuk melihat hasil pengendalian sebelum diimplementasikan pada motor BLDC. Hasil simulasi memperoleh nilai Kp sebesar 0.80541 dan Ki sebesar 0.42578. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan respon yang baik dengan nilai overshoot dan error steady state yang kecil, sehingga menghasilkan keluaran dengan ripple yang rendah, sistem yang stabil, dan respon yang cepat. Sistem kendali yang dirancang mampu melakukan tracking torsi pada set point Iq 0,3 A, 0,6 A, dan 0,9 A. Secara berurutan didapatkan nilai settling time sebesar 0,02 s, 0,06 s, dan 0,16 s, nilai overshoot sebesar 4,2%, 2%, dan 1 %, dan nilai error steady state setiap set point didapatkan sebesar 4.9%, 3%, dan 3%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motor BLDC; Torsi; FOC; PI; DSP; |
Subjects: | Electricity > Theories of Electricity Applied Physics > Control Divices Applied Physics > Testing and Measurement of Electrical Quantities Applied Physics > Electric and Related Motors |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro |
Depositing User: | Ruli Jauhar |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 07:02 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 07:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59555 |
Actions (login required)
View Item |