Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Augmented Reality (AR) pada materi sel

Ahmad Nurrodin, Imam (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Augmented Reality (AR) pada materi sel. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Imam Ahmad Nurrodin: “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Augmented Reality (AR) pada Materi Sel” Penggunaan LKPD sebagai bahan ajar dapat membantu guru dalam mengaktifkan peran siswa dalam pembelajaran. Kenyataan di lapangan menunjukkan adanya hambatan yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran menggunakan LKPD. Hal tersebut dapat terjadi karena masih terdapat kekurangan dari LKPD yang dipakai meliputi aspek tampilan, isi, dan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan dan analisis kelayakan LKPD berbasis augmented reality (AR) pada materi sel. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang dibatasi hingga 3-D dengan tahapan define, design, dan develop. Penelitian dilaksanakan di SMA Daarul Amiin Islamic Boarding School Garut dan UIN Sunan Gunung Djati. Subjek penelitian terdiri dari tiga validator ahli dan 35 orang siswa kelas XI A. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbaikan yang dilakukan terhadap LKPD yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi dari guru mata pelajaran biologi dengan nilai rata rata 82% dan 85%, validasi oleh ahli materi denga nilai rata rata 79%, validasi oleh ahli media dengan nilai rata rata 80%. Dengan melihat hasil dari validasi beberapa ahli yang dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis AR ini bersifat valid. Setalah tahap validasi oleh beberapa ahli selanjutnya penilaian terhadap LKPD oleh siswa yang dibuat menjadi angket keterbacaan dengan nilai rata rata 3.3 dalam kategori sangat baik dan angket respon oleh siswa dengan nilai rata rata 3.7 dalam kategori sangat baik. Setelah tahap develop dilakukan maka menghasilkan produk LKPD berbasis AR pada materi sel yang layak untuk digunakan pada proses pembelajaran. Kata kunci: (a)Lembar Kerja Peserta Didik, (b)Augmented Reality, (c)Sel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didi;Augmented Reality (AR);Sel
Subjects: Biology
Physiology > Cell Biologi, Cytology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Imam Ahmad Nurrodin
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:39
Last Modified: 11 Oct 2022 06:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59597

Actions (login required)

View Item View Item