Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui industri rumahan batik : Studi kasus di Komunitas Chanting Pradana Kampung Pancur Desa Bojongleles Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak,Banten

Jabbar, Anshori Abdul (2022) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui industri rumahan batik : Studi kasus di Komunitas Chanting Pradana Kampung Pancur Desa Bojongleles Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak,Banten. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)

Abstract

Masyarakat tidak produktif menjadi salah satu masalah sosial yang dapat mempengaruhi perekonomian masyarakat. Dalam hal ini seharusnya ada penanganan lebih serius. Misalnya, menyediakan lapangan pekerjaan dan mendirikan industri rumahan atas dasar keinginan mengubah masyarakat menjadi produktif serta mensejahterakan masyarakat yang tinggal di sekitar industri rumahan, memberikan pengetahuan dan pelatihan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana tujuan, proses dan hasil dari pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Industri Rumahan Batik di Komunitas Chanting Pradana Kampung Pancur Desa Bojongleles Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak, Banten. Teori yang digunakan adalah teori pemberdayaan dari Edi Suharto. Teori ini menjelaskan bahwa inti dari pemberdayaan meliputi proses dan tujuan. Pemberdayaan sebagai suatu proses merupakan rangkaian kegiatan untuk menguatkan potensi yang dimiliki masyarakat. Sedangkan pemberdayaan sebagai tujuan merujuk pada keadaan masyarakat setelah adanya pemberdayaan, dengan kata lain tujuan dari pemberdayaan adalah hasil yang dicapai dari permbedayaan itu sendiri. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara rinci dan mendetail mengenai objek yang sedang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, klasifikasi data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Tujuan pemberdayaan ini ialah untuk membantu mensejahterakan masyarakat dengan cara memberi pembekalan ilmu dan peningkatan ekonomi. Kedua, proses pemberdayaan ekonomi masyarakat yang ada pada Industri Rumahan Batik di Komunitas Chanting Pradana meliputi proses pembekalan dan pengarahan, pemberian bantuan modal, pembinaan dan yang terakhir ialah monitoring dan evaluasi. Ketiga, hasil dari pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Industri Rumahan Batik di Komunitas Chanting Pradana ialah adanya lapangan pekerjaan bagi para masyarakat dan juga adanya peningkatan ekonomi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Ekonomi; Industri Rumahan; Batik.
Subjects: Administration of Economy
Business > General Publications of Business
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: anshori abdul jabbar
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:46
Last Modified: 12 Oct 2022 01:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59693

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item