Fungsi Pendidikan dalam Merubah Status Sosial: Studi Deskriptif di Desa Cidahu Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan

Sudrajad, Rofiud (2017) Fungsi Pendidikan dalam Merubah Status Sosial: Studi Deskriptif di Desa Cidahu Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan. Diploma thesis, UIN Sunan Gung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)

Abstract

Pendidikan dipandang sebagai jalan untuk mencapai kedudukan yang lebih baik di dalam masyarakat. Semakin tinggi pendidikan yang diperoleh, maka semakin besar harapan untuk mencapai tujuan itu. Pendidikan dilihat sebagai kesempatan untuk beralih dari golongan satu ke golongan yang lebih tinggi. Sebagaimana yang diketahui, dalam masyarakat terdapat pembagian-pembagian ke dalam berbagai lapisan sosial atau dikenal dengan istilah startifikasi sosialyang didalamnya memuat status. Menurut konsep status sosial, di dalam sekelompok masyarakat tertentu pasti terdapat beberapa orang yang lebih tinggi statusnya daripada yang lainnya, begitu seterusnya bagi status-status lain yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui latar belakang kondisi sosial masyarakat di Desa Cidahu Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan yang memiliki perbedaan status sosial akibat dari adanya startifikasi sosial serta untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan status sosial masyarakat di Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan seperti tingkat pendidikan/ pengetahuan, kekayaan, kepemilikkan modal, dan kekuasaan yang berbeda-beda. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori stratifikasi sosial milik Talcot Parsons yaitu teori evolusioner fungsionalisme. Pada teori ini Parsons mengatakan bahwa masyarakat memiliki kapasitas adaptif, yaitu kemampuan untuk merespon lingkungan dan menyelesaikan masalah. Parsons juga menjelaskan bahwa stratifikasi sosial berfungsi untuk mengatasi keterbatasan-keterbatasan yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti melakukan observasi, studi dokumentasi, dan wawancara dengan para narasumber seperti Kepala Desa Cidahu, anggota masyarakat Desa Cidahu, tokoh masyarakat, dan tokoh agama di Desa Cidahu. Berdasarkan hasil penelitian, kondisi pendidikan di masyarakat desa Cidahu cukup baik, rata-rata masyarakat di Desa Cidahu hanya menempuh pendidikan sebatas SD, dan tertinggi adalah lulusan S-2. Riwayat pendidikan masyarakat di Desa Cidahu bervariasi, mulai dari yang tidak pernah sekolah, lulusan SD, lulusan SMP, lulusan SMA, S1, dan S2 yang hanya beberapa orang saja. Masyarakat Desa Cidahu memang sebagian besar berasal dari kalangan menengah kebawah, jarang yang berasal dari kaum menengah atas sehingga wajar jika riwayat pendidikannya tidak terlalu baik. Masyarakat Desa Cidahu memiliki kriteria untuk menentukan status sosial dalam masyarakat seperti pendidikan, pekerjaan, kekayaan, dan kepemilikkan modal. Pendidikan di Desa Cidahu Kecamatan Cidahu kabupaten Kuningan berpengaruh pada perubahan status warganya, sebagai contoh orang yang tadinya hanya sebagai anak petani kemudian ia menempuh jalur pendidikan maka hasilnya dia dapat menaikkan derajat dirinya dan keluarganya dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendidikan;status sosial;mobilitas
Subjects: Customs of People
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rofiud Sudrajad
Date Deposited: 01 Feb 2018 02:30
Last Modified: 01 Feb 2018 02:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5970

Actions (login required)

View Item View Item