Pesan dakwah tentang Fiqh perempuan pada video animasi Kanal Youtube Helidha : Analisis isi pada video animasi Kanal Youtube Helidha

Salim, Nabilah (2022) Pesan dakwah tentang Fiqh perempuan pada video animasi Kanal Youtube Helidha : Analisis isi pada video animasi Kanal Youtube Helidha. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover .pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (684kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy

Abstract

Video animasi kanal YouTube Helidha merupakan video animasi yang banyak menjelaskan tentang perempuan, salah satunya yaitu membahas persoalan-persoalan fiqh perempuan. Dalam video animasi kanal Youtube Helidha terdapat hal-hal menarik yang harus diteliti lebih jauh terkait isi pesan dakwah dan juga bentuk penyajian pesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi pesan dakwah tentang fiqh perempuan yang disajikan pada video animasi kanal YouTube Helidha dan untuk mengetahui bentuk penyajian pesan dakwah tentang fiqh perempuan pada video animasi kanal YouTube Helidha. Dengan menggunakan metode analisis isi yang dipakai untuk memperoleh keterangan dari dialog dari setiap adegan dalam sebuah media yakni video animasi. Adapun langkah penelitian yang dilakukan adalah: 1) menentukan objek penelitian yaitu Kanal Youtube Helidha. 2) Menentukan metode penelitian yang dipakai yaitu analisis isi kualitatif. 3) Menentukan jenis data dan sumber data yaitu data primer dari kanal Youtube Helidha dan data sekunder dari buku, jurnal, dan artikel. 4) Menentukan teknis analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan. Analisis isi merupakan cara untuk menganalisa dan memahami teks atau dialog dalam sebuah media. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dengan mengamati video animasi kanal Youtube Helidha, studi dokumentasi dengan melakukan studi dokumentasi terhadap video animasi pada kanal Youtube Helidha. Hasil kajian seksama yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa: 1) Isi dari pesan dakwah tentang fiqh perempuan dalam kanal Youtube Helidha banyak memuat pembahasan mengenai haid, thaharah, sholat dan kecantikan; 2) Bentuk penyajian pesan dalam video animasi kanal Youtube Helidha terbagi menjadi empat pesan yakni larangan, anjuran, perintah dan imbauan; 3) Isi pesan dakwah pada video animasi kanal Youtube Helidha didominasi dengan pembahasan sholat sebanyak 7 video, haid, 4 video, thaharah 2 video dan kecantikan 2 video. Sedangkan, bentuk penyajian pesannya dalam pembahasan haid pesan larangan berjumlah 5, pesan anjuran berjumlah 5, pesan perintah dan imbauan berjumlah 1. Dalam pembahasan thaharah, pesan anjuran berjumlah 2 dan pesan imbauan berjumlah 1. Dalam pemabahasan sholat, pesan larangan berjumlah 2, pesan anjuran berjumlah 2, pesan perintah berjumlah 5 dan pesan imbauan berjumlah 3. Dan dalam pembahasan kecantikan, pesan larangan berjumlah 1, pesan anjuran berjumlah 2 dan pesan perintah berjumlah 1.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Fiqh Perempuan; Video Animasi
Subjects: Islam > Da'wah
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Fikih Wanita
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nabilah Salim
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:28
Last Modified: 12 Oct 2022 01:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59739

Actions (login required)

View Item View Item