Fauziah, Siti Shinta (2022) Strategi kreatif Film Maker Muslim dalam mengemas konten dakwah melalui film Islami Cerita Hijrahku. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (660kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
Abstract
Adanya berbagai macam tantangan ditengah-tengah maraknya jenis konten non dakwah yang kian hari semakin digemari oleh masyarakat pada platform Youtube, Film Maker Muslim lebih memilih untuk mengemas konten dakwah melalui sebuah film bernuansa islami salah satunya dikemas dalam sebuah film berjudul Cerita HIjrahku. Strategi yang tepat serta kreativitas yang tinggi tentunya sangat dibutuhkan agar konten dakwah menarik dan terus mengikuti perkembangan zaman, dengan demikian mampu memncapai target market serta pesan dakwah dapat tersampaikan dengan baik. Dari persoalan tersebut muncul rumusan masalah bagaimana strategi kreatif Film Maker Muslim dalam mengemas konten dakwah dari dimensi person, process, press dan product pada film islami Cerita Hijrahku? Penelitian ini menggunakan konsep The Four P’s Creativity dari Mell Rhodes yang mengemukakan empat dimensi sebagai susunan kemunculan kreativitas yaitu person, press, process serta product. Didukung dengan teori Manajemen Strategi dari Fred R. David yang mengemukakan adanya tiga tahapan proses strategi yang meliputi perumusan, implementasi serta evaluasi. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi non partisipan dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan Strategi Kreatif Film Maker Muslim mencakup 4 dimensi kreatif Mell Rhodes yaitu person, press, process serta product. Kegiatan seperti brainstorming, riset dan pembuatan naskah merupakan proses yang sangat penting dalam perumusan strategi dan diimplementasikan melalui adegan dialog serta skenario, sinematografi, artistic serta musik. Penelitian ini memiliki implikasi bahwa strategi kreatif sangat dibutuhkan dalam produksi sebuah konten oleh para content creator. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan implikasi sebagai wujud referensi penelitian kedepannya yang terkait dengan strategi kreatif pada konten media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Film Maker Muslim; Strategi Kreatif; Konten Dakwah; Film Islami; Content Creator |
Subjects: | Islam > Da'wah Public Performances > Film Reviews |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Siti Sinta Fauziah |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 07:08 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 05:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59740 |
Actions (login required)
View Item |