Supriatna, Opik (2022) Pembinaan akhlak melalui Religius Culture di SMP Bina Insan Harapan : Penelitian di SMP Bina Insan Harapan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (474kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (915kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) | Request a copy |
||
Text (BAB VI)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan adalah pondasi yang dapat mencegah seseorang melakukan perbuatan yang tidak seharusnya, terlebih lagi di zaman modern ini yang dihadapkan dengan banyaknya masalah moral dan akhlak yang cukup serius yang jika dibiarkan dapat merusak generasi. Maka disinilah pentingnya akhlak untuk dibina dan dibentuk sejak usia masih remaja.Dari begitu banyaknya strategi mengenai pembinaan ahlak, pembinaan ahlak dengan melalui religiusculture menarik untuk dikaji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tujuan Religius Culture yang diterapkan di SMP Bina Insan harapan, untuk mengmendeskripsikan implementasi Religius Culture yang dapat menjadikan dan menciptakan karakter peserta didik sehingga kelak anak didik menjadi masyarakat yang mempunyai sikap dan karakter baik. Berdasarkan rumusan masalah maka dapat diambil pemikiran dan hipotesa bahwa peran pendidik begitu penting untuk menunjang kesiapan pembinaan akhlak melalui Religius Culture peserta didik yaitu dengan mengadakan berbagai program juga menggunakan metode ceramah dan praktek langsung demi kelangsungan peserta didik yg berakhlak baik. Metode yang digunakani dalami penelitiani inii adalah deskriptifi kualitatif, dengan menekankan pada kekuatani analisisi datai padai sumber-sumber data yang ada, berupa interpretasi dan kata-kata dengan menjadikan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai rujukan utamanya. Hasil penelitian menunjukan bahwaProgram pembinaan akhlak dengan religius culturememberikan dampak kepada peningkatan akhlak siswa terhadap Allah dan terhadap dirinya sendiri, juga memberikan dampak pada peningkatan akhlak siswa kepada sesama manusia, termasuk teman-teman, guru-guru,dan orang tua mereka
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akhlak; religius culture; pendidikan; pembinaan |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Opik Supriatna |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 04:37 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 04:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59781 |
Actions (login required)
View Item |