Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui Media Realia pada mata pelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana: Penelitian di kelas V MI At-Taufiq Kota Bandung

Ismiatun, Siti Nur (2017) Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui Media Realia pada mata pelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana: Penelitian di kelas V MI At-Taufiq Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari temuan masalah yang terjadi sesuai fakta di lapangan, pembelajaran IPA di kelas V MI At-Taufiq Kota Bandung jarang menggunakan media pembelajaran, serta guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan benda-benda konkrit yang mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi kurang, hal ini tercermin dari data hasil belajar siswa belum mencapai nilai kriteria ketuntasan manimum (KKM) yang sudah ditetapkan di MI At-Taufiq Kota Bandung yaitu 70. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar kognitif siswa sebelum menggunakan media realia, proses penggunaan media realia pada materi pesawat sederhana pada setiap siklus, serta hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan media realia pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhan di kelas V MI At-Taufiq Kota Bandung pada setiap siklusnya. Penelitian ini didasarkan dalam kajian teoritis yang menyatakan bahwa penerapan media realia dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, sehingga penulis mengajukan hipotesis bahwa penerapan media realia dapat meningktan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA. Penerapan media realia diharapkan agar siswa mengetahui langsung benda-benda konkrit (asli) sesuai dengan materi yang diajarkan, dengan menggunakan media realia ini siswa akan mudah memahami materi yang diajarkan sehingga akan sangat membantu siswa dalam mengerjakan tugas, baik tugas individu maupun tugas dalam kelompok. Proses pembelajaran dengan menggunakan media realia juga menjadikan siswa bersemangat dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian siswa kelas V MI At-Taufiq Kota Bandung sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi guru dan siswa beserta lembar tes individu dan kelompok siswa untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada mata pelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana menunjukan bahwa sebelum menggunakan media realia pada pra siklus hasil belajar siswa diperoleh rata-rata sebesar 47,38 (kurang), pada rata-rata siklus I diperoleh sebesar 72,47 (cukup), dan pada rata-rata siklus II diperoleh sebesar 88,14 (baik). Rata-rata aktivitas guru pada siklus I mencapai 77,5% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 95% dengan kategori sangat baik. Pada rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 70% dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa 85% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media realia dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V MI At-Taufiq dengan pokok bahasan pesawat sederhana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media; Realia
Subjects: Education, Research
Elementary Education > Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Nur Ismiatun
Date Deposited: 01 Feb 2018 10:56
Last Modified: 01 Feb 2018 10:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5990

Actions (login required)

View Item View Item