Kedudukan media Online aplikasi Vtube dihubungkan dengan fatwa MUI no. 75/DSN-MUI/VII/2009 tentang pedoman penjualan langsung berjenjang syariah

Febri, Yanto (2022) Kedudukan media Online aplikasi Vtube dihubungkan dengan fatwa MUI no. 75/DSN-MUI/VII/2009 tentang pedoman penjualan langsung berjenjang syariah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Tinjauan ini dilandasi karena semakin banyaknya aplikasi penghasil uang. Aplikasi ini mudah di akses sehingga masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam menggunakannya. Salah satunya aplikasi Vtube yang di dalamnya memiliki aktivitas menonton iklan sehingga nantinya pengguna akan mendapatkan view poin, namun pengguna/member baru diwajibkan untuk merekrut member baru dengan membagikan kode referal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui bagaimana mekanisme penghasilan pada aplikasi Vtube; (2) Untuk bagaimana Hukum Media Online Aplikasi Vtube berdasarkan Fatwa MUI No. 75/DSN-MUI/Vii/2009 Tentang Pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syariah. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode kualitif deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif, dengan sumber primer berupa dokumen dari webstie Vtube, wawancara dengan pengguna aplikasi Vtube. (1) Vtube adalah sebuah aplikasi yang hampir sama dengan You Tube yang dapat digunakan untuk menikmati beragama tontonan menghibur, namun yang menarik dari vtube pengguna bisa meraup penghasilan tak terbatas bagi penonton iklan yang durasi per iklan 1-10 detik. Pada praktiknya akad yang digunakan adalah ijarah, maka ada hubungan antara perusahaan Vtube dan para pengguna aplikasi Vtube/member Vtube yang tercantum didalam akad sewa menyewa. untuk upah yang berupa VP tidak sah untuk dijadikan sebagai alat pertukaran. (2) Dengan memperhatikan ketentuan Fatwa MUI No. 75/DSNMUI/VII/2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah. Maka perusahaan harus memenuhi ketentuan hukum terdiri dari 12 aspek. Ada beberapa aspek yang tidak sesuai dengan ketentuan, di antaranya perihal view poin yang dijadikan sebagai objek, member harus penyelesaian misi menonton iklan, aplikasi VTube mengandung penggunaan skema ponzi dimana upline akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada downlinenya. Mengandung unsur gharar, maysir, dan dharar Terdapat biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan bintang. Bonus atau komisi diambil dari penambahan atau perekrutan anggota baru, dan bukan dari penjualan produk dan kalaupun ada itu hanyalah kamuflase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Vtube; Pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syariah
Subjects: Econmics > Economists
Commerce, Trade > Commercial Policy
Color and Related Technology > Cleaning and Bleaching Technology
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Peradilan Agama dan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Febri Yanto
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:59
Last Modified: 13 Oct 2022 07:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59912

Actions (login required)

View Item View Item