Penanaman karakter disiplin siswa dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Cangkuang: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cangkuang Kabupaten Bandung

Syarifah, Ai Siti (2022) Penanaman karakter disiplin siswa dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Cangkuang: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cangkuang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini sering kita jumpai fenomena sosial yang berkembang, yakni kenakalan remaja dalam masyarakat, seperti tawuran massal dan berbagai kasus dekadensi moral lainnya. Bahkan di beberapa kota besar, gejala tersebut telah sampai pada taraf yang meresahkan. Dari hal tersebut maka pentingnya pendidikan karakter untuk diterapkan dalam lembaga pendidikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan penanaman karakter disiplin siswa dalam pembelajaran PAI, mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam penanaman karakter disiplin siswa dan mengetahui hasil dari penanaman karakter disiplin siswa di SMP Negeri 1 Cangkuang. Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam mata pelajaran PAI berarti menyatukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran tersebut. Nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan oleh guru Pendidikan Agama Islam salah satunya adalah kedisiplinan. Lembaga pendidikan formal sebagai wadah resmi pembinaan generasi muda diharapkan dapat meningkatkan peranannya dalam membentuk kepribadian siswa salah satunya dengan menanamkan kedisiplinan di sekolah. Penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode field research. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu peneliti berperan sebagai instrumen kunci dan melukiskan suatu keadaan secara objektif atau berdasarkan fakta-fakta yang tampak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket serta dokumentasi. Tempat penelian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cangkuang yang beralamat di jalan Tenjolaya, Ciluncat, Kecamatan Cangkuang, Kab. Bandung Prov. Jawa Barat, kode pos 40377. Hasil penelitian: (1) Pelaksanaan penanaman karakter disiplin siswa dalam pembelajaran PAI telah disusun dengan baik dan selalu diterapkan oleh guru. Dalam rangka menanamkan karakter disiplin terdapat beberapa cara atau upaya guru diantaranya: sosialisasi dan penegakan aturan, memberikan teladan atau contoh yang baik (uswatun hasanah), pendekatan, pembiasaan, memotivasi siswa, memberi reward dan punishment. (2) Tujuan penanaman karakter disiplin siswa: Membantu anak mengatasi dan mencegah timbulnya problem disiplin, menciptakan suasana lingkungan belajar yang nyaman, siswa belajar hidup dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan bermanfaat baginya serta lingkungannya. (3) Faktor pendukung dalam penanaman karakter disiplin siswa meliputi: kerjasama dengan para guru dan staf sekolah, adanya ketua kelas, peran aktif orang tua siswa, kesadaran siswa. Faktor penghambat dalam penanaman karakter disiplin siswa dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Cangkuang meliputi: faktor keluarga dan faktor lingkungan. (4) Hasil dari penanaman karakter disiplin siswa di SMP Negeri 1 Cangkuang dapat dinyatakan berhasil pada tingkat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penanaman karakter; Disiplin; PAI
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ai Siti Syarifah
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:27
Last Modified: 13 Oct 2022 08:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59953

Actions (login required)

View Item View Item