Kontribusi INSIST (Institute for The Study of Islamic Thought and Civilizations) dalam Gagasan Islamisasi Sains di Indonesia tahun 2010-2020

Putra, Trio Nurul Fajri (2022) Kontribusi INSIST (Institute for The Study of Islamic Thought and Civilizations) dalam Gagasan Islamisasi Sains di Indonesia tahun 2010-2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy

Abstract

Problem utama umat Islam di masa kontemporer ini adalah bagaimana Islam berhadapan dengan peradaban Barat yang ekspansif; di mana peradaban Barat selalu melakukan upaya pelemahan terhadap peradaban Islam, terkhusus dalam bidang sains atau ilmu pengetahuan. Berdasarkan kondisi tersebut kemudian lahirkan komunitas epistemik muslim yang berupaya untuk melalukan counter terhadap peradaban Barat. Salah satu komunitas epistemik tersebut adalah Institute For The Study Of Islamic Thought And Civilizations (INSISTS). Komunitas ini menarik untuk diteliti karena INSISTS telah berupaya melakukan counter dengan wacana islamisasi dari tahun 2010 hingga hari ini (2022), berdasarkan hal itulah penelitian ini dilakukan. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri empat tahap, yakni: heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: INSISTS telah berkontribusi dalam proyek penyebaran gagasan Islamisasi Sains atau Ilmu Pengetahuan melalui lima cara, yakni: 1) Publikasi Ilmiah. Publikasi ilmiah merujuk pada aktivitas publikasi berbagai jurnal yang dilakukan oleh para anggota INSISTS.; 2) Pengembangan Platform Website. INSISTS mengembangkan platform website sebagai pemberian akses kepada pubik terkait sumber informasi tentang kegiatan-kegiatan INSISTS, berikut informasi mengenai karya-karya anggota INSISTS; atau non INSISTS tapi masih dalam koridor islamisasi; 3) Saturday Forum. Saturday Forum merupakan kegiatan diskusi yang diselenggarakan tiap hari Sabtu, yang di dalamnya membahas berbagai tema-tema keislaman, terkhusus tema islamisasi pengetahuan atau sains; 4) Seri Kuliah. Seri kuliah merujuk pada forum diskusi berseri yang digelar secara tematik, yang mirip seperti perkuliahan (dengan silabus yang runut dan sistematis), Seminar dan Workshop. Seminar dan Workshop adalah bentuk kegiatan diskusi di luar hari Sabtu, dan cenderung berskala lebih luas, dibandingkan Saturday Forum; 5) Penerbitan Buku. Selain menulis karya ilmiah dalam bentuk jurnal, INSISTS juga menerbitkan karya anggota INSIST (dan non-INSISTS, tapi masih dalam jalur islamisasi ala INSISTS) dalam bentuk buku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Islamisasi Sains;Insists; Islamisasi Sains
Subjects: General Organizations, Foundations
General Organizations in Indonesia
Epistemology
Teori of Knowledge
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Trio Nurul Fajri Putra
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:48
Last Modified: 13 Oct 2022 08:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59965

Actions (login required)

View Item View Item