Nurdiansyah, Irfan (2022) Analisis miskonsepsi siswa pada materi evolusi sub-bab adaptasi menggunakan metode Three Tier Test. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text
1_Cover.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (978kB) | Preview |
|
|
Text
3_BAB I.pdf Download (457kB) | Preview |
|
Text
4_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) | Request a copy |
||
Text
5_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
||
Text
6_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
7_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
||
Text
8_Daftar Pusataka.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) | Request a copy |
Abstract
Peneliti tertarik untuk mengukur pemahaman siswa pada materi evolusi, karena adanya miskonsepsi ini akan sangat menghambat proses asimilasi yang terjadi dalam diri siswa ynag selanjutnya akan menghalangi pemahaman akan pelajaran biologi yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada materi evolusi sub-bab adaptasi menggunakan metode Three Tier Test. Jenis sumber data yang digunakan oleh peneliti berjenis sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dikumpulkan melalui metode tes diagnosa dan kuisioner kepada responden yang berjumlah 20 orang. Sedangkan sumber data sekunder dikumulkan melalui metode studi literatur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimppulkan bahwa: 1) Miskonsepi yang dialami siswa dibagi ke dalam tiga kategori yaitu pada Konsep Evolusi menurut Darwinian, Bukti Terjadinya Evolusi, dan Mekanisme Evolusi. Mayoritas miskonsepi siswa terjadi pada kategori Bukti Terjadinya Evolusi, yaitu siswa menganggap bahwa evolusi hanya sebuah teori yang tidak didukung oleh bukti-bukti yang kuat; dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap miskonsepsi yang dialami oleh siswa terbagi menjadi lima kategori, yaitu Prakonsepsi, yang berpengaruh sebesar 22,5%, Latarbelakang Keluarga memiliki pengaruh sebesar 10,5%, Buku memiliki pengaruh 16,5%, Selanjutnya media sosial berpengaruh lebih tinggi, yaitu 18,5% dan Cara Mengajar memiliki pengaruh sebesar 6%. Sedangkan faktor Konteks memiliki pengaruh tertinggi yaitu sebesar 26%. Tida k adanya minat siswa dan teman diskusi yang keliru menjadi faktor utama siswa mengalami miskonsepsi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis; Miskonsepsi; Siswa; Evolusi; |
Subjects: | Education > Sociology of Education |
Depositing User: | Irfan Nurdiansyah |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 00:47 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 00:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/60018 |
Actions (login required)
View Item |