Program bimbingan dan konseling berorientasi kecakapan hidup peserta didik: Penelitian di SMK Swadaya Karangnunggal Tasikmalaya

Lestari, Visca Candra Cita (2017) Program bimbingan dan konseling berorientasi kecakapan hidup peserta didik: Penelitian di SMK Swadaya Karangnunggal Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_ daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy

Abstract

Tantangan ke depan bagi bangsa Indonesia terasa semakin berat, angka pengangguran akhir-akhir ini terus meningkat dan telah mencapai 60 juta orang, tamatan sekolah yang tidak melanjutkan untuk setiap jenjang pendidikan juga semakin meningkat. Sementara itu dengan diberlakukannya AFTA (Asean Free Trade Area) dan AFLA (Asean Free Labour Area), maka tenaga kerja Indonesia harus mampu bersaing secara terbuka dengan tenaga kerja asing dari berbagai negara, jika tidak tenaga kerja Indonesia akan tersisihkan dan pengangguran di Indonesia semakin meningkat. Dalam situasi seperti inilah,selain bekal ilmu pengetahuan maka lembaga pendidikan harus mampu membekali kecakapan hidup bagi para peserta didiknya. Dalam peelitian ini mengunakan teori kecakapan hidup, bimbingan dan konseling, dimana bimbingan merupakan salah satu proses pemberi bantuan yang tersedia terus menerus dan sistematis dari pembimbing kepada terbimbing, agar tercapai pemahaman diri, pengarahan diri, dan perwujudan diri, dalam mencapai tingkkatan perkembangan yang optimal dan penyesuaiyan diri dengan lingkungannya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu mengunakan metode deskriftif, karena dengan menggunakan metode ini peneliti dapat menjelaskan dan menggambarkan bagaimana model pengembangan program bimbingan dan konseling berorientasi kecakapan hidup bagi peserta didik SMK Swadaya Karang Nunggal Kabupaten Tasikmalaya secara ilmiah. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, pengumpulan data yang digunakan yaitu obserpasi dan wawancara, dalam melakukan analisis data peneliti mengunakan analisis deskriktif kualitatif yaitu berusaha memaparkan data sebagaimana adanya dengan melakukan pengamatan secara langsung, sehingga dapat menggambarkan permaslahan secara langsung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara umum SMK Swadaya Karang Nunggal Kabupaten Tasikmalaya memeiliki keunggulan dalam merancang model bimbingan dan konseling berorientasi kecakapan hidup bagi para peserta didiknya, mulai meninventarisasi kebutuhan kecakapan hidup para pserta didiknya, mengembangkan materi bimbingan dan konselingnya, pengembangan model akhir program bimbingan dan konseling berorientasi kecakapan hidup bagi peserta didik yang berpijak pada: landasan rasional, visi dan misi, ragam layanan Bimbingan dan konseling, materi yang dicanangkan, strategi layanan Bimbingan dan konseling, penguatan kerjasama, dan diakhir sistem penilaiannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Program Bimbingan; Konseling; Kecakapan Hidup
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Visca Candra Cita Lestari
Date Deposited: 02 Feb 2018 03:14
Last Modified: 02 Feb 2018 03:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6003

Actions (login required)

View Item View Item