Hubungan kepemimpinan visioner Kepala Madrasah dengan kinerja tenaga administrasi : Penelitian di Madrasah Aliyah Swasta Kabupaten Pangandaran

Farid, Ari Miftah (2022) Hubungan kepemimpinan visioner Kepala Madrasah dengan kinerja tenaga administrasi : Penelitian di Madrasah Aliyah Swasta Kabupaten Pangandaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan Kinerja Tenaga Administrasi dalam suatu organisasi pendidikan mutlak dilaksanakan oleh pimpinan dari suatu lembaga tersebut. Pengertian Kinerja Tenaga Administrasi mencakup seluruh tenaga yang ada dalam suatu organisasi pendidikan, khususnya Kinerja Tenaga Administrasi dan karyawan. Oleh karena itu demi mewujudkan pencapaian tujuan pendidikan, Kinerja Tenaga Administrasi harus menjadi sumber daya manusia (SDM) yang menjadi prioritas pengembangan yang paling utama. Persaingan yang semakin ketat saat ini memerlukan keuletan, kesabaran, kemampuan mengantisipasi, kecepatan dan ketepatan berpikir serta bertindak agar tetap dapat berperan aktif di dalam proses pendidikan itu sendiri. Dilakukanya penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui realitas kepemimpinan visioner kepala madrasah aliyah swasta di Kabupaten Pangandaran. 2) Mengetahui etos kerja Kinerja Tenaga Administrasi madrasah aliyah swasta di Kabupaten Pangandaran. 3) Mengetahui hubungan antara kepemimpinan visioner kepala madrasah dengan Kinerja Tenaga Administrasi madrasah aliyah swasta di Kabupaten Pangandaran. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah menggunakan angket kuisioner. Kemudian teknik analaisis data dalam penelitian ini adalah uji instrument (validitas dan reabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (uji normalitas dan lineritas), dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan visioner kepala madrasah memiliki hubungan yang signifikan terhadap Kinerja Tenaga Administrasi dengan nilai signifikansi 0,021< 0,05. Kemudian analisis koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,428. Nilai tersebut terdapat pada tingkat kekuatan korelasi sedang, karena terdapat pada kategori 0,40 – 0,599. Adapun jenis hubungan variabelnya mengarah kepada sifat positif dengan melihat angka pearson correlation yaitu 0,428 dengan tidak memiliki tanda (-) didepan angka tersebut. Selanjutnya diperoleh koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 0,183 bermakna bahwa kontribusi variabel bahwa kepemimpinan visioner kepala madrasah terhadap Kinerja Tenaga Administrasi adalah 18,3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan visioner; kinerja tenaga administrasi; kinerja
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ari Miftah Farid
Date Deposited: 14 Oct 2022 06:36
Last Modified: 14 Oct 2022 06:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/60034

Actions (login required)

View Item View Item