Bimbingan keagamaan untuk menangani Quarter Life Crisis : Penelitian di Pondok Pesantren mahasiswa Universal Al-Islamy Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Kamilah, Putri Maulida (2022) Bimbingan keagamaan untuk menangani Quarter Life Crisis : Penelitian di Pondok Pesantren mahasiswa Universal Al-Islamy Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (894kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy

Abstract

Kehidupan dunia yang dihadapkan dengan pelajaran dan pengalaman yang tidak dapat dihindari. Dewasa ini banyak ditemui individu yang berusia belasan akhir merasakan krisis emosional, merasa sangat kebingungan terhadap masa depan,kegelisahan, perasaan cemas, penuh tekanan bahkan merasa hidup tidak bermakna. Santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal pun sedang berada di fase quarter life crisis ini karena masa ini memang wajar dirasakan di usia 20 tahunan. Tujuan penelitian ini yaitu pertama untuk mengetahui implementasi keagamaan pada santriwati dipondok pesantren mahasiswa Universal cibiru kota Bandung yang sedang menghadapi Quarter life crisis. Kedua untuk mengetahui hasil dari bimbingan keagamaan pada santriwati yang menghadapi Quarter life crisis. Dalam penelitian ini didasarkan pada konsep teori bimbingan keagamaan menurut Faqih Ainur Rohim bahwa proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh individu yang ahli dibidangnya agar kehidupan selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah sehingga mencapai kebahagiaan didunia dan akhirat. Penelitiain ini menggunakan metode deskripti dan pendekatan kualitatif, dengan menjelaskan tentang bimbingan keagamaan dalam menangani Quarter life crisis. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data observasi, wawancara dan data hasil studi dokumentasi yang di dokumentasikan berupa dokumentasi tertulis atau berupa foto. Berdasarkan hasil penelitian bimbingan keagamaan dalam menangani quarter life crisiss dari hasil wawancara tertulis yang berupa kuoesioner yang dibagikan masih terdapat aspek yang kurang berhasil setelah dilaksanakannya bimbingan, namun aspek yang telah berhasil nilainya lebih banyak dari aspek yang tidak berhasil. Semua pernyataan terdapat 18 dan yang berhasil terdapat 12 pernyataan kemudian yang tidak berhasil terdapat 6 pernyataan negative yang nilainya masih tinggi. Namun santriwati yang sedang di fase quarter life crisis dapat menghadapi permasalahan yang di hadapinya dengan baik. Pesan yang di sampaikan saat bimbingan sangat berimpac kepada mereka, pesan yang di sampaikan secara lembut dan wibawa yang dimiliki pembimbing membuat para santriwati yang sedang mengalami quarter life crisis dapat berfikir positif, merasa bisa menjalani semuanya dengan baik, tetap optimis dan bersyukur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Quarter Life Crisis
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Adults
Differential and Developmental Psychology > Stress
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Putri Maulida Kamilah
Date Deposited: 14 Oct 2022 05:37
Last Modified: 14 Oct 2022 05:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60038

Actions (login required)

View Item View Item