Pengaruh pembiayaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan sarana prasarana pendidikan terhadap mutu pembelajaran: Penelitian di SMA Muhammadiyah se-Kabupaten Bandung

Al-Ghofiqi, Wildan (2022) Pengaruh pembiayaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan sarana prasarana pendidikan terhadap mutu pembelajaran: Penelitian di SMA Muhammadiyah se-Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran merupakan faktor penting untuk mencapai mutu sekolah. Kualitas output yang tinggi sangat terlihat pada proses pembelajaran siswa. peningkatan kualitas proses pembelajaran merupakan suatu hal yang harus terus dilakukan serta diupayakan di sekolah. untuk meningkatkan mutu pembelajaran, penggunaan dana BOS harus di alokasikan ke dalam pengembangan 8 standar nasional pendidikan tetapi dalam kenyataannya pengalokasian dana BOS tidak merata ke setiap 8 standar. meskipun telah ditetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan, masih banyak SMA di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat, yang kondisi operasional sekolahnya rendah dan sarana prasarana sekolah masih terbatas. Bahkan sarana dan prasarana pendidikan menjadi salah satu tolak ukur dari mutu sekolah. Tetapi fakta dilapangan banyak ditemukan sarana dan prasarana yang tidak dikelola dengan baik hal tersebut dapat menyebabkan penurunan dalam mutu sekolah terutama dalam peningkatan mutu pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh pembiayaan dana BOS dan sarana prasarana pendidikan terhadap mutu pembelajaran di SMA Muhammadiyah se-Kabupaten Bandung Kerangka berpikir dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil yang maksimal memerlukan proses pendidikan salah satunya yaitu melalui pembelajaran dapat dilakukan dengan pemanfaatan dana BOS dan sarana prasarana pendidikan agar mutu pembelajaran bisa tercapai. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dalam disiplin ilmu manajemen pendidikan islam dengan metode kuantitatif deskriptif korelatif yang pengumpulan datanya berupa angket dan studi pustaka. Kemudian angket dianalisis secara statistik dengan menggunakan langkah-langkah uji validitas, normalitas data, regresi linier dan korelasi dengan menggunakan SPSS v.28.0. Hasil penelitian ini menggunakan Uji F Simultan yang berarti uji pengaruh variabel X secara bersama-sama terhadap variabel Y. Dasar pengambilan keputusan, jika nilai Sig > 0,05 maka Ho diterima. Namun jika nilai Sig < 0,05 maka Ho ditolak. Nilai Sig untuk Regression adalah 0,009 b nilai ini lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak. Nilai R Squere penelitian ini adalah 0,153 atau 15,3%.. Sehingga dapat dikatakan Pembiayaan dana BOS dan sarana prasaran pendidikan secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 15,3% terhadap mutu pembelajaran sisanya (100% - 15,3% = 84,7%) dipengaruhi oleh faktor lain seperti kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, Kurikulum dan jaringan kerjasama.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), sarana prasarana pendidikan, mutu pembelajaran.
Subjects: General Management
Depositing User: Wildan Al-Ghofiqi
Date Deposited: 14 Oct 2022 06:58
Last Modified: 14 Oct 2022 07:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60047

Actions (login required)

View Item View Item