Nabillah, Ridha (2022) Imbauan pesan dakwah dalam akun Tiktok @hiyung_agam : Analisis isi model Alston. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (418kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (875kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
Abstract
Media sosial memiliki fungsinya sendiri yaitu membagikan pesan baik dalam bentuk gambar, tulis, maupun video. Para da’I modern berlomba-lomba untuk megunggah konten dakwah semenarik mungkin dengan konsep yang kreatif. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat agar konten dakwah tersebut dapat disampaikan dengan baik dan berpengaruh pada tingkah laku sosial masyarakat. Da’I tersebut yakni Agam Fachrul yang mengunggah konten dakwahnya dalam akun tiktok @hiyung_agam. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pesan dakwah rasional pada akun tiktok @hiyung_agam, kemudian mengetahui pesan dakwah motivational pada akun tiktok @hiyung_agam, dan mengetahui pesan dakwah emosional pada akun tiktok @hiyung_agam. Selanjutnya, penelitian ini mengacu pada teori Model Alston yang membahas tentang imbauan pesan tingkah laku (bahvioural) yakni terdapat tiga kategori yaitu imbauan rasional, motivational, dan tingkah laku. Kemudian, penelitian ini menggunakan paradigm interpretif dengan metode penelitian pendekatan kualitatif analisis isi model Alston. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik keabsahan data melalui triangulasi dan teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa pesan dakwah mengenai imbauan pesan rasional yang dapat menjadikan masyarakt berpikir secara rasio, kemudian immbauan pesan motivational yang menjadikan masyarakat merasa terdorong untuk berbuat kebaikan. Kemudian pesan emosional yaitu sebagai suatu tindakan dan pergerakan dari masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik. Penelitian ini memberikan implikasi bagi masyarakat luas dalam menerima pesan dakwah, sehingga bukan hanya didengarkan saja tetapi dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, masyarakat dapat menggunakan pesan secara bijak serta menghindari informasi yang negative.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pesan Dakwah; Media Sosial; Tiktok |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ridha Nabillah |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 01:21 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 01:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/60052 |
Actions (login required)
View Item |